in ,

Manfaat Daun Sungkai, Bisa Mengobati Covid-19 ?

Beberapa waktu lalu, masyarakat dihebohkan dengan manfaat daun sungkai yang konon dapat mengobati pasien yang terpapar COVID-19. Namun, apakah daun sungkai atau daun jati sabrang ini bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi COVID-19?

Berikut fakta mengenai daun sungkai dan manfaat daun sungkai bagi kesehatan.

Manfaat Daun Sungkai

daun sungkai
Photo by Arus Balik

Daun sungkai atau jati sabrang (Peronema canescens Jack) merupakan tumbuhan asli Indonesia yang banyak dijumpai di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat dan seluruh Kalimantan.

Sungkai biasanya ditanam sebagai pembatas rumah atau berfungsi sebagai pagar hidup pada bagian belakang rumah. Kayunya menyerupai kayu jati dan mempunyai alur yang artistik dan warnanya cerah bergaris-garis cokelat tua juga banyak digunakan untuk industri mebel dan kerajinan.

Sementara itu, bagian daunnya telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beragam penyakit.

Di beberapa daerah Indonesia, daun sungkai banyak digunakan sebagai obat pilek, demam, obat cacingan (ringworms), dijadikan mandian bagi wanita selepas bersalin, dan sebagai obat kumur pencegah sakit gigi.

Namun, benarkah daun sungkai berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tersebut? Berikut penjelasan mengenai manfaat daun sungkai yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan Imunitas

imunitas daun sungkai
Image by Univ Airlangga

Manfaat daun sungkai yang pertama ialah bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Manfaat daun sungkai sebagai menambah imun ini telah lama dipercaya oleh masyarakat suku lembak di Bengkulu.

Biasanya, bagian yang digunakan, yakni daun sungkai yang masih muda. Daun sungkai muda berwarna ungu kemerah-merahan dan biasanya tumbuh pada bagian atas. Dengan cara merebus satu genggam daun sungkai muda dan ditambah dengan air tawar, kemudian diminum.

Dalam Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun sungkai muda berpotensi meningkatkan kesehatan atau imunitas tubuh. Pemberian ekstrak daun muda sungkai dengan dosis 0,5625 mg/Kg bb pada tikus mencit sebagai objek penelitian dapat meningkatkan jumlah leukosit sebesar 36%.

Dimana leukosit merupakan sel yang membentuk komponen darah, sehingga dengan meningkatnya kandungan sel darah putih dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Pemberian ekstrak daun sungkai muda lebih efektif dibanding dengan pemberian obat imonos sebagai obat pembanding. Imunos sebagai obat tunggal hanya meningkatkan jumlah leukosi sebesar 23%.

2. Mengandung Antibakteri

anti bakterial duan sungkai
Image by Kompas

Manfaat daun sungkai yang berikutnya adalah sebagai obat kumur dan penyembuhan luka secara alami karena mengandung senyawa antibakteri.

3. Mengatasi Malaria

malaria
Image by Suara Papua

Hal ini karena daun sungkai memiliki sifat antipiretik yang bermanfaat untuk menurunkan panas atau demam, yang termasuk dalam gejala malaria.

Perlu Moms ketahui, leukosit adalah sel yang membentuk komponen sel darah. Dengan meningkatnya sel darah putih, maka akan membantu tubuh dalam melawan infeksi sekaligus berperan sebagai sistem kekebalan.

Cara memanfaatkan daun sungkai sebagai obat malaria, yakni dengan mengonsumsi air rebusan daun sungkai.

4. Manfaat Daun Sungkai untuk COVID-19

covid19
Image by Okezone

Berita ini pun menyebar luas di masyarakat sehingga mereka berbondong-bondong menggunakan daun sungkai sebagai obat tradisional.

Namun sayangnya, klaim ini tidak terbukti secara ilmiah. Laman resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Indonesia pun menyebutkan bahwa informasi tersebut termasuk hoax. Meski demikian, daun sungkai memiliki beberapa senyawa yang dapat menambah stamina dan meningkatkan sistem imunitas.

5. Penyedap Rasa Alami

penyedap rasa
Image by Tribun Jateng

Manfaat daun sungkai tak hanya bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga berguna sebagai penyedap rasa secara alami.

Diketahui bahwa daun sungkai biasa dijual di pasar dalam bentuk segar, kering maupun dalam bentuk bubuk (serbuk) sebagai bumbu tambahan dalam masakan tradisional suku dayak.

Masyarakat suku Dayak setempat biasanya mencampurkan daun sungkai dengan daun ubi kayu yang sudah ditumbuk lalu ditumis.

Baca Juga : 15 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Rempah-Rempah Kaya Manfaat

Written by Rian D. Saputra

“Semangat mengubah hidup dengan doa, kesabaran, keikhlasan, ikhtiar akan menjadi ibadah yang sempurna di hadapan Allah”

Malang_By_Wikipedia

Mengenal Kota Malang-Jawa Timur dan Berbagai Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Sholawat Bani Hasyim

Manfaat Sholawat Bani Hasyim Membuat Hati Lebih Tenang