in ,

15 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Rempah-Rempah Kaya Manfaat

Manfaat Kunyit - idn

Kepoinkuy.com – Kunyit mampu membuat tubuh sehat dan mencegah berbagai penyakit. Kunyit bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap maupun pewarna masakan, bisa juga digunakan sebagai obat-obatan alami.

Selain untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, kunyit ternyata juga memiliki khasiat lain yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya. Mulai dari mengurangi peradangan hingga penawar bisa ular.

Manfaat Kunyit
Manfaat Kunyit – idn

Biasanya, kunyit juga dapat dijadikan minuman seperti jamu kunir asam yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Dikutip dari berbagai sumber, manfaat minum kunyit setiap hari harus Anda ketahui karena memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi kunyit setiap hari akan sangat direkomendasikan.

Berikut ini daftar kandungan kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh:

  1. Minyak asiri
  2. Sabonene
  3. Phellandrene
  4. Zingiberence
  5. Cineol
  6. Borneol
  7. Curcumene
  8. Camphor
  9. Turmeron
  10. Sesquiterpene
  11. Camphene
  12. Caprilic acid
  13. Tholymethi acid
  14. Methozinnamic acir
  15. Alkaloid curcumid pada zat warna kuning di kunyit

Selain 15 senyawa baik tersebut, kunyit memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Dalam 100 gram kunyit diketahui mengandung;

  1. Protein sebanyak 10 gram.
  2. Kalsium sebanyak 168 miligram.
  3. Magnesium sebanyak 208 miligram.
  4. Fosfor sebanyak 299 miligram.
  5. Kalium sebanyak 2 gram.
  6. Vitamin C sebanyak 1 miligram.
  7. Zat besi sebanyak 55 miligram.

Baca Juga : Segudang Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan
Manfaat Kunyit bagi Kesehatan – GImages

1. Mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa nyeri, karena kunyit memiliki efek yang sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis.

Namun, bila Anda ingin menggunakan ekstrak kunyit untuk mengobati penyakit ini, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Meredakan rasa gatal pada kulit

Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Anda bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal ini.

4. Meringankan gangguan menstruasi

Studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Tak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

6. Mencegah kanker

Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas kunyit dalam mencegah penyakit kanker.

7. Mengurangi depresi

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

8. Mengatasi masalah kulit

Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit, seperti jerawat, eksim, penuaan dini, dan psoriasis.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan, seperti mencegah penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, dan menjaga kesehatan mata. Namun, semua ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya bagi kesehatan tubuh.

Kunyit juga diklaim bisa digunakan sebagai obat usus buntu. Namun, klaim ini hanyalah mitos. Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah secara medis yang membenarkan hal tersebut.

9. Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin diyakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Baca Juga : 20 Manfaat Daun Kelor dan Efek Sampingnya

10. Mengobati maag

Maag dapat muncul dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori, konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Nah, penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Selain itu, artikel dalam jurnal Systematic Reviews mengatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

11. Obati Perut Kembung

Manfaat minum kunyit setiap hari yang ketiga dapat obati perut kembung. Selain dapat meresap pada aliran darah dan membantu mengurangi rasa mual, kurkumin juga dapat melancarkan pergerakan otot-otot pencernaan dalam perut.

Ini akan mengurangi tekanan gas sehingga perut Anda tidak akan cepat kembung dan terasa keras.

12. Mengendalikan gula darah dalam tubuh

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa.

Diabetes terjadi ketika kandungan gula yang ada di dalam darah jumlahnya banyak atau berlebih. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti kunyit.

Kunir bisa menurunkan glukosa yang ada di darah. Tidak hanya itu, ekstrak dari kunir juga dapat meningkatkan fungsi dari insulin. Dengan begitu, diabates lebih mudah untuk disembuhkan dan risiko komplikasi akibat penyakit ini bisa diminimalisir.

13. Penahan Rasa Sakit

Manfaat minum kunyit setiap hari yang keempat dapat menjadi penahan rasa sakit khususnya untuk meredakan rematik, arthritis, demam, dan sakit gigi.

Hal ini dikarenakan sifat analgesik kunyit yang dapat menurunkan tekanan darah pada area linu pada tubuh manusia.Karena kekuatannya, kunyit putih disebut-sebut sebagai tanaman obat yang dapat mengalahkan khasiat aspirin sebagai obat sakit kepala.

Cara mengolah kunyit putih untuk penahan rasa sakit pun mudah. Cukup ditumbuk, direbus, lalu diminum.

14. Menyembuhkan gejala IBS

IBS atau irritabble bowel syndrome merupakan peradangan yang terjadi usus besar. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Apabila peradangan menyebabkan adanya kontraksi pada usus yang terlalu sering, maka bisa berakibat pada diare kronis.

Sedangkan jika peradangan menyebabkan otot usus tidak berkontraksi akan menyebabkan sembelit kronis. Berdasarkan penelitian, kunyit atau kunir bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh IBS.

Senyawa aktif dalam kurkumin memiliki efek anti radang dan antioksidan sehingga kerja otot pada saluran pencernaan bisa kembali lancar. Kunir juga dapat membantu menyeimbangkan koloni dari bakteri baik yang ada di usus manusia.

Bukan hanya kurkumin saja yang bisa menyembuhkan masalah IBS, namun kandungan magnesium dan kalium yang ada didalam kunyit juga bisa membantu mengatasi dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh saat diare.

15. Bisa Dijadikan Obat Alergi

Manfaat minum kunyit setiap hari yang berikutnya dapat atasi alergi. Kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin di dalam kunyit berfungsi sebagai senyawa anti-alergi.

Senyawa tersebut mampu membantu kita menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh. Sebab, kedua senyawa tersebut bekerja seperti antihistamin.

Antihistamin dapat menghambat aktivitas protein berlebihan yang menyebabkan radang dan juga dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan kelebihan protein lan yang membuat reaksi alergi muncul ke permukaan.

16. Lawan Bakteri Jahat

Manfaat minum kunyit setiap hari memiliki khasiat untuk melawan bakteri jahat. Meminum larutan kunyit hangat dapat sangat membantu meredakan rasa perih dan nyeri dalam perut.

Tidak hanya itu, kandungan-kandungan kaya di dalam kunyit juga dapat melawan bakteria jahat lainnya yang menyerang mulut dan organ intim wanita. Itulah mengapa kita sering melihat zat-zat yang terkandung dalam kunyit ada pada botol-botol pembersih mulut dan vagina.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Curug Ciherang

Wisata Curug Ciherang di Bogor Yang Wajib Kalian Kunjungi

PeduliLindungi

Cara Cek dan Unduh Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi Tanpa Ribet