in

LoveLove OMGOMG

Alasan Mengapa Bungkus Snack Sebagian Besar Berisi Angin

Mengapa isi kripik lebih sedikit ketimbang besarnya bentuk kemasan dan udara didalamnya.

Pernahkah anda membeli sebuah kripik dan ekspektasi kripik didalam kemasan banyak dan berlimpah ruah namun yang di dapat hanya separuh dari kemasan kripik tersebut, terkadang hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan mengapa isi kripik lebih sedikit ketimbang besarnya bentuk kemasan dan udara didalamnya.

Perbandingan Isi dan Udara dalam Kemasan Makanan Ringan | boredpanda

Sebenarnya ada alasan yang bagus kenapa produsen makanan ringan membuat kemasan produk lebih menggembung. Proses pengemasan dilakukan dengan cara nitrogen flushing. Dilansir Bored Panda, ini adalah proses memasukkan nitrogen ke dalam kemasan makanan ringan. Tujuannya adalah untuk menjaga agar makanan ringan tetap renyah hingga puluhan hari.

Selain itu pengisian udara hingga kemasan menggembung juga membantu agar keripik kentang atau jagung yang kita beli tidak sampai remuk. Makanan yang rapuh seperti keripik sangat mudah hancur. Bahkan dengan kemasan yang menggembung saja bentuknya sudah tak utuh lagi saat sampai ke tangan konsumen. Ini karena proses pengangkutan membuatnya terbentur dan patah. Bayangkan kalau kemasannya tidak diisi udara.

Walaupun begitu, setiap merek makanan ringan memang memiliki presentase perbandingan isi yang berbeda. Ada yang jumlah nitrogennya sampai 50 persen, ada pula yang kurang dari itu.

Juga harus diakui kemasan yang menggembung lebih memakan tempat. Akibatnya berdampak ke biaya yang harus dikeluarkan untuk pengangkutan dan harga yang pada akhirnya harus dibayar oleh konsumen. Belum lagi jejak karbon yang ditinggalkan dari proses distribusi yang panjang tersebut.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mengenal Kepribadian Anak Sulung, Tengah, dan Bungsu

Pria Brewokan

Mengapa Cewek Suka Dengan Pria Brewok, Berikut 5 Alasannya