in ,

Inilah Alasan Mengapa Perut Bisa Berbunyi Ketika Anda Merasa Lapar

Kepoinkuy.com – Pernah gak sih kalian ngeliat film atau kartun yang sering memperlihatkan karakter yang sedang merasa lapar dan perutnya berbunyi dan apakah kalian bertanya-tanya mengapa perut bisa berbunyi ketika anda merasa lapar?

mengapa perut berbunyi saat lapar
mengapa perut berbunyi saat lapar

Saat perut dalam keadaan kosong dan lapar, perut terkadang mengeluarkan bunyi gemuruh kecil. Dalam bahasa Yunani kondisi ini disebut dengan “borborygmi.” Sementara itu, masyarakat kita biasa menyebutnya dengan “keroncongan.”

Bunyi perut umumnya terkait dengan rasa lapar, namun seperti dikutip dari Citizen6 dan Menshealth, sebenarnya perut mengeluarkan bunyi sepanjang waktu tidak hanya saat lapar saja.

Baca Juga : 4 Manfaat Meminum Air Kelapa Jika Dilakukan di Waktu Berikut !

Suara gemuruh dari dalam perut sebetulnya berasal dari gas berlebih yang bergerak bolak-balik di dalam saluran pencernaan. Suara gemuruh di perut itu merupakan indikasi bahwa kita perlu mengisi perut untuk membantu saluran pencernaan mendapatkan nutrisi yang perlukan dari darah.

Akan mereda ketika perut kenyang

mengapa perut berbunyi saat lapar

Ketika perut dalam keadaan kenyang pun perut bisa bergemuruh. Namun, suara yang timbul cenderung lebih halus tak sekeras ketika perut dalam keadaan kosong.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disantap Sebelum Berolahraga Lari

Ketika perut diisi makanan, suara gemuruh akan mereda. Saluran pencernaan pun akan fokus menyerap makanan alih-alih hanya mengalirkan udara bolak-balik.

Bisa jadi masalah pencernaan

mengapa perut berbunyi saat lapar

Bunyi perut memang menjadi hal yang lumrah. Namun, jika kamu mengalami bunyi perut yang semakin sering, bisa jadi itu pertanda masalah pencernaan atau bahkan pertanda kamu akan mengalami diare.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

merasa tidak pernah puas

Menyedihkan, Inilah 6 Hal yang Akan Kamu Sadari Saat Beranjak Dewasa

Mudah marah

Berikut 7 Kepribadian Yang Jadi Ciri-ciri Orang Sekitarmu Toxic