in

Mengenal Fenomena Alam Microburst Tsunami Dari Langit

Microburst | elitereaders

Kepoinkuy.com – Microburst adalah sebuah downdraft (angin yang menghempas kebawah atau gaya ke bawah) dalam skala kecil dan sangat intens yang turun ke tanah yang menyebabkan perbedaan/penyimpangan angin yang kuat.

Dilansir dari berbagai sumber, Sebuah microburst awalnya berkembang ketika downdraft mulai meluncur ke bawah dari awan hujan. Area yang diliputinya biasanya kurang dari 4 kilometer.

Microburst
Microburst | elitereaders

Microbursts mampu menghasilkan angin lebih dari 100 mph menyebabkan kerusakan yang signifikan. Rentang waktu terjadinya sebuah microburst adalah sekitar 5-15 menit.

Saat terjadi badai di awan gelap itu maka muncullah microburst musuh utama penerbang dan siapapun akan berusaha menghindari. Karena jika terjadi downdraft (gaya ke bawah) yang disebabkan microbust, tak ada ampun pesawat sebesar apapun mampu dibanting sampai jatuh.

Baca Juga : 5 Fenomena Langka Yang Pernah Terjadi Didunia Ini

Beberapa kecelakaan fatal pesawat terbang terjadi karena fenomena microburst ini. Salah satu yang paling terkenal adalah jatuhnya pesawat Lockheed TriStar milik maskapai Delta Air Lines nomor penerbangan 191, sesaat sebelum mendarat di bandara internasional Dallas-Fort Worth di Texas, Amerika Serikat, 2 Agustus 1985.

fenomena Microburst
Jerry Ferguson mendapatkan kesempatan langka dengan melihat fenomena awan gelap yang membentuk microburst di Phoenix, Arizona.

Fenomena yang kasat mata ini dan berlangsung singkat (rata-rata 10 menit) sulit dilacak. Pada dekade 90-an dipasang peralatan Low Level Windshear Alert System yang mampu memberikan peringatan dua menit sebelum microbust itu muncul.

Microburst diklasifikasikan sebagai microbursts kering atau basah, tergantung pada seberapa banyak curah hujan yang menyertai microburst ketika mencapai tanah.

Microburst yang merupakan angin berkecepatan tinggi yang turun (downdraft) dari bawah awan kumulus yang berpotensi hujan dan tak kasat mata.

Ketika penelitian tentang microburst ini dilakukan di AS pada 1990-an, fenomena alam ini juga diakui sulit untuk diditeksi karena tak semua awan kumulus bisa menimbulkan microburst. Kalau pun terjadi, downdraft yang ditimbulkan biasanya terjadi dalam waktu singkat dan di areal yang amat terbatas. Secara teknis, hanya peralatan seperti laser-lah yang mampu mendeteksinya.

fenomena Microburst
fenomena Microburst | boldmethod

Ketika hujan turun di bawah dasar awan atau bercampur dengan udara kering, ia mulai menguap dan proses penguapan ini mendinginkan udara. Udara sejuk turun dan berakselerasi saat mendekati tanah. Ketika udara dingin mendekati tanah, ia menyebar ke segala arah dan perbedaan angin ini adalah tanda tangan dari ledakan mikro. Dalam iklim yang lembab, mikroburst juga dapat menghasilkan dari hujan lebat.

Mikrobursts adalah peristiwa yang sangat cepat dan sangat berbahaya bagi penerbangan. Mikroburst adalah sub-diklasifikasikan sebagai microbursts kering atau basah, tergantung pada seberapa banyak hujan menyertai microburst ketika mencapai tanah. Jika petak lebih dari 2,5 mil, itu disebut makroburst.

Makroburst bertahan lebih lama daripada ledakan mikro.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

topeng seram dan mengerikan kepoinkuy

5 Topeng Berbentuk Mengerikan Yang Pernah Dibuat Manusia

4 Tips Cara Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami dan Cepat, Dijamin Ampuh !