in ,

Mengenal Kota Malang-Jawa Timur dan Berbagai Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Malang_By_Wikipedia

Kepoinkuy.com – Kota Malang (diucapkan [malaŋ], osob kiwalan: ngalam) adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia.

Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km2 yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang.

Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya

Kota Malang dikenal baik sebagai kota pendidikan. Malang berada didaerah pegunungan, sehingga membuat udaranya relatif sejuk dan menjadikannya salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di jawa timur.

Buah Apel telah dijadikan ikon kabupaten ini. Apel bisa dengan mudah ditemui disini, mulai dari pekarangan pribadi milik warga setempat, sampai dengan perkebunan dan agrowisata besar.

Berikut tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi dan sayang sekali jika dilewatkan :

1. Tugu Malang

Malang_By_Wikipedia
Malang_By_Wikipedia

Tugu Malang atau ada juga yang menyebutnya sebagai tugu bunder yang terinspirasi dari bentuknya yang membundar. Sebagai salah satu kawasan tempat wisata study tour di malang, Tugu malang ini memang memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sebelum berdiri dan menjadi kawasan Tugu Malang, kawasan ini sebelumnya adalah sebuah taman. Pembuatan taman tersebut bertujuan untuk melengkapi keindahan kantor gubernuran Hindia-Belanda.

Nama dari taman itu sendiri adalah JP Coen Plein. JP Coen sendiri adalah salah satu gubernur jenderal yang merupakan pendiri kota batavia atau jakarta. Bentuk dan kondisi dari taman pada masa itu juga lebih sederhana jika dibandingkan dengan saat ini.

Tugu ini sendiri pertama kali dibangun pada tahun 1946 atau setahun setelah kemerdekaan bangsa indonesia. Pembangunan dari Tugu ini sendiri mendapatkan perhatian dari Bapak Presiden Soekarno.

2. Monumen juang 45

monumen-Juang-45_By_httpsongistravel.com
monumen-Juang-45_By_httpsongistravel.com

Selain terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang mempesona, malang juga terkenal dengan beragam lokasi yang memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satu destinasi wisata sejarah di Malang yang bisa kita kunjungi adalah Monumen Juang 45. Monumen yang dibangun pada tahun 1975 atar prakarsa dari pemerintah kota Malang ini, memang bertujuan sebagai pengingat perjuangan rakyat malang melawan penjajah.

Sebagai salah satu tempat wisata dekat stasiun Malang, kita bisa langsung mengunjungi monumen ini setelah tiba di kota malang. Patung dengan tinggi 2 meter ini memang menunjukan tekat dan kegigihan masyarakat Malang dalam memperjuangkan kemerdekaan pada tahun 1945-1949.

Jika kita perhatikan secara seksama, maka kita akan dapat melihat relief perjuangan yang tergambar di dinding tembok bagian patung tersebut. Serta terdapat juga pahatan teks Proklamasi kemerdekaan.

Baca Juga : 5 Destinasi wisata Yogyakarta yang wajib dikunjungi 2021

Dengan bentuknya dan susunannya yang terlihat kokoh dan gagah, tak mengherankan memang jika patung yang satu ini menjadi sebuah destinasi yang cukup menarik untuk di kunjungi. Posisinya yang tepat berada di tepi jalan ini memang cukup memudahkan siapa saja menikmati dan melihat patung ini.

Jika berkunjung ke kawasan ini, memang kita tak akan dapat berhenti terlalu lama. Hal ini dikarenakan kawasan yang satu ini, merupakan salah satu kawasan yang terletak di pinggir jalan. Namun, kita bisa saja singgah sejenak untuk melihat bentuk dari monumen yang satu ini.

3. CANDI SUMBERAWAN

candi-sumberawan_By_www.timesindonesia.co
candi-sumberawan_By_www.timesindonesia.co

Candi Sumberawan ini juga salah satu situs tempat wisata bersejarah yang juga peninggalan dari kerajaan singosari yang berlokasi di Desa Toyomarto, kecamatan singosari, kabupaten malang, jawa timur. tempat wisata ini menarik karna memiliki suasana yang asri atau natural banyak pepohonan rimbun menjadikan Tempat Wisata Sejarah ini sejuk.

4. CANDI JAWAR OMBO

candi-jawar-ombo_By_httpswww.merdeka.com
candi-jawar-ombo_By_httpswww.merdeka.com

Candi Jawar Ombo salah satu situs peninggalan kerajaan majapahit yang berada di ketinggian 1400 dpl, selain daya tarik sejarah candi jawar ombo juga menyuguhkan pemandangan khas pegunungan, lelah perjalanan menuju puncak akan terbayar lunas dengan pemandangan menakjubkan, Tempat wisata sejarah malang ini terletak di dsn Kaliputih, Mulyoasri, kec. Ampel Gading, daerah Malang Selatan.

5. Hawai Waterpark

Hawai-Waterpark-Malang_By_besokpergi.com
Hawai-Waterpark-Malang_By_besokpergi.com

Jika Kota Batu menawarkan taman bermain berupa Jatim Park I dan II maka Kota Malang hadir dengan konsep taman bermain air yang mengusung tema Hawaii, namanya Hawai Waterpark. Hawai Waterpark Malang adalah waterpark pertama di kota Malang dan di Jawa Timur yang menyajikan tema Hawai di seluruh area wahana.

6. Teluk Bidadari

teluk-bidadari_By_www.kanalmalang.net
teluk-bidadari_By_www.kanalmalang.net

Destinasi pantai ini semakin terkenal di kalangan wisatawan. Teluk Bidadari memiliki dua cekungan karang besar dengan air yang jernih dan tenang. Berendam di sini serasa memiliki sauna pribadi. Karang-karang pantainya pun sangat indah dan alam bawah lautnya memukau untuk dijelajahi.

7. Pantai Tiga Warna

pantai-3-warna_By_www.travelloratour.com
pantai-3-warna_By_www.travelloratour.com

Nama pantai ini memang sesuai dengan pantainya yang memiliki tiga warna air berbeda menurut kedalamannya. Ini pula yang membuat pantai ini terkenal unik serta sangat menarik bagi para wisatawan. Di Pantai Tiga Warna kita dapat melakukan aktivitas seperti berenang, berkemah, hingga trekking.

8. Jatim Park 3 Surganya Spot Foto Kekinian

Jatim-Park-3_By_indonesia.tripcanvas.co
Jatim-Park-3_By_indonesia.tripcanvas.co

Ada satu lagi destinasi wisata Malang yang tak boleh dilewatkan yaitu Jatim Park 3. Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang surganya spot foto kekinian. Di sini kamu bisa menemukan 4 theme park seperti Dino Park, The Legend Star, Museum Musik Dunia dan Funtech Plaza dengan harga tiket masuk mulai dari Rp.40.000 hingga Rp.100.000.

9. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung-Wisata-Jodipan_By_httpm.hondacommunity.net
Kampung-Wisata-Jodipan_By_httpm.hondacommunity.net

Kampung Jodipan merupakan cikal bakal dari tren tersebut. Dimulai dari proyek mahasiswa untuk mengubah wajah dari kampung agar tidak terlihat kumuh, malah membuahkan hasil lebih yang tidak disangka-sangka mengubah nasib penduduk kampung tersebut. Kampung ini menjadi destinasi selfie yang cukup populer, membuaatnya jarang sepi pengunjung. Hal ini membuat mereka dapat merintis usaha kecil-kecilan seperti warung makan hingga toko oleh-oleh. Sehingga selain selfie, kamu juga dapat membeli jajanan dan oleh-oleh yang ada dikampung ini.

10. Rumah Pohon (Omah Kayu) Paralayang Batu Malang

omah-kayu-malang_By_kelloggsnyc.com
omah-kayu-malang_By_kelloggsnyc.com

Merupakan obyek wisata unggulan lain di Jawa Timur selain Wisata Gunung Bromo , Wisata Kawah Ijen Blue Fire dan Wisata Malang Batu sendiri. Keunikan dari Omah kayu atau Rumah Pohon ini adalah didesain full dengan bagan baku dari kayu, dimana terdapat 6 unit , masing masing unit mempunyai luas 3 x 2 x 2 meter.

Dengan kualitas bahan kayu yang cukup bagus dan kuat, yaitu yang di gunakan adalah kayu eukaliptus sebagai kerangka bangunan, juga untuk pagar juga balkon. Untuk dindingnya memakai papan kayu pinus yang disusun rapat sehingga penghuninya akan merasa hangat saat bermalam di sini, untuk atap pengelola memakai bahan dari ijuk.

Sebagai tempat penginapan, didalam tempat peristirahatan ini juga disediakan 1 tempat tidur, 2 bantal, sebuah selimut dan peralatan makan. Namun, untuk kamar mandinya tidak terdapat di dalam kamar, tetapi di tempat lain yang terpisah dengan bangunan. Untuk 6 unit Rumah pohon Malang ini disediakan 2 kamar mandi luar yang dilengkapi dengan air hangat.

Harga Tiket Masuk Rumah Pohon Omah Kayu Batu Malang 2021
Tiket Masuk Weekend Rp 15.000/orang
Tiket Masuk Weekday Rp 10.000/orang

Written by Rika Anggraini.Ar

Suka jalan gak jelas, makan, baca komik, suka banget sama yang namanya diskon, suka dengerin lagu-lagu k-pop dan slalu bermimpi punya kisah cinta dan kehidupan kaya drama korea hahahaa

Dzikir Pagi

Lengkap Bacaan Dzikir Pagi Serta Manfaatnya

Daun Sungkai

Manfaat Daun Sungkai, Bisa Mengobati Covid-19 ?