in ,

Mengenal Kota Palembang dan Berbagai Macam Tempat Wisata Sejarah Maupun Makanan Khas yang Menggugah Selera

Ampera-baru-wikipedia
Ampera-baru-wikipedia
Ampera-baru-wikipedia

Kota Palembang adalah ibu kota dari provinsi Indonesia dari Sumatera Selatan merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1337 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit. Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang. Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990). Berkemungkinan karena kondisi inilah maka nenek moyang orang-orang kota ini menamakan kota ini sebagai Pa-lembang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan, sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air (menurut kamus melayu), sedangkan menurut bahasa melayu-Palembang, lembang atau lembeng adalah genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang digenangi oleh air.

Palembang adalah kota terpadat kedua di Sumatera, setelah Medan , kota terpadat kesembilan di Indonesia , dan kota terpadat kesembilan belas di Asia Tenggara . Wilayah metropolitan Palembang terdiri dari beberapa kabupaten di sekitar kota seperti Banyuasin , Ogan Ilir , dan Ogan Komering Ilir, dengan perkiraan jumlah penduduk lebih dari 3,5 juta pada tahun 2015.

Palembang adalah lokasi Jembatan Ampera . Jajanan, pempek, dan masih banyak lagi Palembang adalah kota tuan rumah Asian Games 2011 Tenggara dan Asian Games 2018 bersama dengan Jakarta. Sistem kereta api ringan pertama di Indonesia dioperasikan di Palembang pada Juli 2018.

Palembang dikenal sebagai Venetië Van Andalas (Venice of Sumatra), terutama karena topografi kota yang didominasi oleh Sungai Musi dan anak-anak sungainya. Landmark yang paling terkenal di Palembang adalah Jembatan Ampera, Sungai Musi, Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro, dan Jakabaring Sport City.

  1. Sungai Musi , sungai sepanjang 750 kilometer (470 mil) yang membelah Palembang
    menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Ini adalah salah satu sungai terpanjang di Sumatera. Sejak jaman dahulu, Sungai Musi telah menjadi jantung perekonomian Palembang dan Sumatera Selatan. Ada beberapa landmar di sepanjang tepiannya, seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, rumah rakit tradisional, kilang minyak Pertamina, pabrik pupuk Pupuk Sriwijaya (PUSRI), Taman Bagus Kuning, Jembatan Musi II, Kampung Al Munawar, dll.

    sungaimusi-by-kualanamu-airport.co_.id
    sungaimusi-by-kualanamu-airport.co_.id
  2. Jembatan Ampera , tengara utama kota, adalah jembatan yang melintasi 1.177 meter (3.862 kaki) di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir di Palembang.

    Ampera_Bridge-wikipwdia
    Ampera_Bridge-wikipwdia
  3. Benteng Kuto Besak , terletak di tepi utara Sungai Musi bersebelahan dengan Jembatan Ampera dan berseberangan dengan kampung Kapitan. Benteng ini dibangun oleh Kesultanan Palembang, salah satu dari sedikit benteng yang masih bertahan yang dibangun oleh penduduk setempat dan tidak dinamai menurut nama orang Eropa. Wisatawan hanya diperbolehkan untuk melihat benteng dari luar seperti benteng ini masih dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia , khususnya Departemen Kesehatan Militer Komando Daerah II / Sriwijaya ( Kesehatan Daerah Militer II / Sriwijaya ) dan memiliki fungsi sebagai rumah sakit militer.

    benteng-kuto-besak-bytriptrus
    benteng-kuto-besak-bytriptrus
  4. Pulau Kemaro, adalah pulau delta kecil , terletak di timur Palembang. Pulau ini menyimpan beberapa peninggalan Tionghoa yaitu Pagoda Pulau Kemaro dan Klenteng Hok Tjiang Rio (福正廟). Pulau ini semakin ramai saat festival Tionghoa khususnya saat Cap Go Meh di hari terakhir perayaan Imlek. Di depan candi, terdapat sebuah makam yang diyakini sebagai makam pasangan legendaris Tan Bun An dan Siti Fatimah yang membuat pulau ini saat meninggal.

    pulaukemaro-ur-ban.id
    pulaukemaro-ur-ban.id
  5. Kampong Kapitan, salah satu kampung Tionghoa tertua di kota ini. Daya tarik utama adalah rumah Tjoa Ham Hin dengan perabotan berusia berabad-abad di dalamnya. Ada juga sebuah kuil Cina di dekatnya, yang juga merupakan salah satu yang tertua di Palembang. Jauh sebelum keberadaannya sebagai kawasan pemukiman Tionghoa, disebut juga Tanggo Rajo tempat tinggal orang asing dan pendatang dari nusantara.

    Kampung_Kapitan,_Palembang-wikipedia
    Kampung_Kapitan,_Palembang-wikipedia
  6. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, merupakan bekas kantor residen zaman Belanda yang terletak di dekat Jembatan Ampera dan bersebelahan dengan Benteng Kuto Besak. Museum ini terletak di bekas istana kerajaan Kesultanan Palembang yang dihancurkan setelah penaklukan Belanda atas Palembang, dan memamerkan beberapa peninggalan dan benda-benda bersejarah dengan koleksi mulai dari periode Kerajaan Sriwijaya hingga era Kesultanan Palembang Darussalam.

    museum-sultan-mahmud-badaruddin-ii-triptrus
    museum-sultan-mahmud-badaruddin-ii-triptrus
  7. Rumah Limas Haji Aziz, rumah budaya yang kaya akan berbagai ukiran kayu tradisional Sumatera Selatan dan Palembang. Pengunjung juga memiliki pilihan untuk mengenakan pakaian klasik lokal di tempat tinggal.

    Rumah_Limas-wikipedia
    Rumah_Limas-wikipedia
  8. Al-Qur’an Al-Akbar, Al-Qur’an Agung Palembang, replika lengkap kitab suci umat Islam raksasa. Quran 5 lantai adalah situs keagamaan terkemuka di daerah tersebut.

    Al-Quran_Al-Akbar-wikipedia
    Al-Quran_Al-Akbar-wikipedia
  9. Hutan Wisata Punti Kayu, hutan kota yang terletak sekitar enam mil (9,7 kilometer) dari pusat kota dengan luas 50 hektar (120 hektar) dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Di hutan ini terdapat tempat rekreasi keluarga dan tempat berlindung sekelompok kera, yaitu : kera ekor panjang ( Macaca fascicularis ) dan kera ( Macaca nemistriana ) di bawah kayu Pinus Sumatera ( Pinus mercussi ).

    PuntiKayuHutanWisatadiTengahKota-byindonesiakaya.com
    PuntiKayuHutanWisatadiTengahKota-byindonesiakaya.com
  10. Masjid Agung Palembang , juga dikenal sebagai Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II, adalah masjid utama Palembang yang terletak di pusat kota. Masjid ini dibangun sebagai masjid kerajaan Kesultanan Palembang dan telah mengalami beberapa kali renovasi pada masa pemerintahan Kesultanan, Belanda, dan Republik.

    masjid-agung-bygoodnewsfromindonesia.id
    masjid-agung-bygoodnewsfromindonesia.id
  11. Taman Purbakala Bukit Seguntang, terletak di perbukitan sebelah barat kota Palembang. Salah satu daerah bersejarah yang paling besar di kalangan masyarakat Melayu, diyakini bahwa Sang Sapurba nenek moyang semua Raja Melayu turun dari bukit penting ini. Saat ini diubah menjadi taman rekreasi oleh pemerintah setempat. Makam keluarga kerajaan Sriwijaya juga terletak di daerah tersebut.

    objekwisatabukitsiguntang-palembang-bydipalembang.com
    objekwisatabukitsiguntang-palembang-bydipalembang.com

Masakan Palembang merupakan masakan kedua yang paling terkenal dari Sumatera setelah
Padang . Mereka terutama menggunakan ikan air tawar dan udang sebagai bahan karena
peran penting Sungai Musi untuk daerah tersebut. Rempah-rempah juga umumnya
disertakan meskipun tidak sebebas rekan pulau yang sama. Budaya Melayu, India,
dan Cina juga mempengaruhi kuliner Palembang. Selain masakan ikan air tawar,
ada banyak variasi masakan, makanan ringan, minuman, dan manisan dalam masakan
Palembang.

Contoh makanan favorit di Palembang adalah:

  1. Pempek , adalah hidangan yang hampir semua orang di Indonesia pikirkan ketika menyebut masakan Palembang. Ini adalah adonan kue ikan dan tepung tapioka yang bisa direbus, digoreng, atau dipanggang dan dimakan dengan saus berwarna gelap, manis dan pedas yang disebut Cuko yang terbuat dari gula aren dan merica di atasnya dengan mentimun dan bubuk udang. Karena ini sebenarnya adalah adonan, penduduk setempat dengan cerdas mengolahnya menjadi bentuk dan ukuran, serta berkreasi dengan isian. Contohnya termasuk lenjer (panjang), Keriting (keriting), selam Kapal (harfiah “kapal selam”, diisi dengan telur), ada`an (bulat dan goreng) dan pistel(diisi dengan pepaya muda yang dimasak). Tidak semua ikan bisa dijadikan pempek asli Palembang. Pempek Palembang asli asli terbuat dari bulu punggung raksasa ( Chitala lopis) sebagai bahan utamanya. Namun, karena spesiesnya terancam, pempek asli juga dapat dibuat dengan beberapa jenis ikan lain seperti gabus belang ( Channa striata ), tenggiri berjeruji ( Scomberomorus commerson ), atau kakap ( Lutjanus sp. ).

    Pempek-By-tripzilla
    Pempek-By-tripzilla
  2. Tekwan , adalah bola-bola pempek kecil yang disajikan dengan sup udang segar, soun, dan jamur kuping, sering digambarkan sebagai bakso versi Palembang.

    Tekwan-traveloka
    Tekwan-traveloka
  3. Model , adalah aneka pempek dengan isian tahu yang disajikan dengan kuah udang segar dan sop (model iwak). Bahan pempek bisa diganti dengan roti goreng (model gendum).

    Model-traveloka
    Model-traveloka
  4. Laksan , adalah pempek lenjer irisan tebal yang disiram santan pedas dan disajikan dengan tepung udang.

    Laksan-by-inionline.id
    Laksan-by-inionline.id
  5. Celimpungan , seperti laksan tetapi dengan bola tekwan berukuran besar bukan irisan pempek. Kuah santan, memperkaya rasa hidangan, adalah sorotan lain yang perlu diperhatikan. Saus kental direbus dengan kunyit, merica, dan daun salam.

    Celimpungan-traveloka
    Celimpungan-traveloka
  6. Mie Celor , adalah mie kuning seperti soba Jepang yangdisiram santan, udang, dan telur rebus.

    Mie-Celor-bytraveloka
    Mie-Celor-bytraveloka
  7. Burgo , adalah pancake lipat yang terbuat dari tepung beras yang diiris dan disajikan dengan kuah santan keputihan, ikan gabus atau udang bubuk.

    Burgo-bytraveloka
    Burgo-bytraveloka
  8. Lakso , mirip dengan burgo, tetapi lakso terbuat dari bihun kental dan kuahnya berwarna kekuningan yang didapat dari kunyit.

    Lakso-byringkaskata
    Lakso-byringkaskata
  9. Ragit , tampilan roti jenis ini mirip dengan ciri khas kuliner Melayu, Roti Renda atau yang lebih dikenal dengan Roti Jala. memiliki dua bentuk yaitu segitiga gulung  dan dengan bentuk mirip telur dadar, disajikan dengan kuah kari yang berbahan dasar gulai, santan, daging, dan kentang. Sebagian besar, sup kari dihiasi dengan bawang goreng dan cabai hijau cincang. Biasanya bisa ditemukan saat Ramadhan .

    Ragit-bycdn.timesmedia.co.id
    Ragit-bycdn.timesmedia.co.id
  10. Martabak HAR , adalah telur- murtabak (telur yang dijatuhkan ke adonan pipih sebelum dilipat saat digoreng) disajikan dengan gulai (biasanya kentang potong dadu dalam kari daging sapi) dan ditaburi cabai dengan kecap asam manis. Hidangan ini dipopulerkan di Palembang oleh seorang India Indonesia bernama Haji Abdul Rozak pada tanggal 7 Juli 1947, memberikan inisial namanya pada nama hidangan tersebut. Martabak ala Palembang membuktikan akulturasi masakan India di Palembang.

    MartabakHar-By-tripzilla
    MartabakHar-By-tripzilla
  11. Nasi minyak (bahasa Melayu Palembang untuk “nasi berminyak”) adalah hidangan nasi yang dimasak di Sumatera dengan minyak samin (ghee) dan rempah-rempah.

    Nasi_Minyak_Palembang-bywikipedia
    Nasi_Minyak_Palembang-bywikipedia
  12. Pindang Patin , adalah ikan hiu pedas( Pangasianodon hypophthalmus ) yang direbus dengan bumbu dan biasanya disajikan panas dengan irisan nanas.

    Pindang-Patin-traveloka
    Pindang-Patin-traveloka
  13. Pindang Tulang , adalah iga sapi pedas dengan sedikit daging yang masih menempel di tulang, direbus dengan bumbu seperti pindang patin. Hidangan ini memiliki rasa asam pedas yang gurih.

    PindangTulang-By-tripzilla
    PindangTulang-By-tripzilla
  14. Malbi , adalah daging sapi yang direbus dengan kecap manis dan rempah-rempah. Nasi yang dimasak dengan minyak ghee dan rempah-rempah.

    Malbi-traveloka
    Malbi-traveloka
  15. Tempoyak , adalah durian fermentasi yang digoreng dengan bawang merah dan cabai.

    Sambal-Tempoyak-traveloka
    Sambal-Tempoyak-traveloka
  16. Pepes Ikan Patin , adalah satu ikan yang sering digunakan untuk
    membuat brengkes di Palembang, dan tempoyak yang dikukus
    dengan bumbu.

    pepesikanpatintempoyak-byselerasa.com
    pepesikanpatintempoyak-byselerasa.com
  17. Otak-otak, adalah daging cincang ikan air tawar yang dicampur dengan tepung tapioka,
    santan dan bumbu kemudian dipanggang dengan daun pisang.

    otak-otak-bytokopedia.net
    otak-otak-bytokopedia.net

Berikut Makanan dan Minuman Ringan Khas Palembang :

  1. Kemplang , adalah pempek lenjer irisan tipis yang dijemur di bawah sinar matahari, kemudian dibakar atau digoreng.

    Kemplang-tripzilla.id
    Kemplang-tripzilla.id
  2. Es Kacang Merah ,adalah es serut yang disajikan dengan kacang merah yang sudah direndam dan direbus untuk menghilangkan kandungan racunnya, sirup, alpukat, dan susu kental manis.

    es-kacang-merah-bybangka.tribunnews
    es-kacang-merah-bybangka.tribunnews
Quotes bijak singkat

50 Quotes Bijak Agar Lebih Semangat Menjalani Hidup

zoom meeting

Cara Membuat Zoom Meeting Beserta Webinar Zoom