in ,

Mengerikan, Inilah 5 Bencana Alam Terbesar Dalam Sejarah Peradaban Manusia

Kepoinkuy.com – Bencana alam merupakan suatu peristiwa yang mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan manusia itu sendiri, sehingga dapat menimbulkan korban jiwa manusia.

Umumnya faktor terjadinya bencana alam yaitu berasal dari kelalaian manusianya sendiri, entah itu bermula dari penebangan hutan sehingga dapat menimbulkan pemanasan global ataupun membuang sampah sembarangan yang bisa menimbulkan banjir.

Dilansir greatlist, berikut adalah daftar bencana alam terbesar dalam sejarah peradaban manusia:

1. Gempa Tsunami Samudra Hindia

tsunami samudra hindia
Sumber: news.rakyatku.com

Gempa tsunami samudra hindia atau bisa disebut tsunami aceh, peristiwa bencana alam ini terjadi pada 26 Desember 2014, gempa dengan kekuatan magnitudo 9,1-9,3 yang telah mengguncang lempengan samudra hindia.

Setidaknya ada 230-280 ribu orang meninggal karena bencana mematikan ini. Indonesia paling besar terkena dampaknya diikuti oleh negara lain seperti Sri Lanka, India, serta Thailand juga terkena dampak bencana ini. Beberapa wilayah di Alaska juga ikut terkena dampak dari peristiwa tsunami 2004 itu.

2. Gempa Shaanxi China

gempa china
Sumber: boombastis.com

Tragedi ini terjadi pada 23 Januari 1556, yaitu di provinsi Shaanxi China, saat itu china sedang diguncang oleh gempa yang teramat dahsyat.

Sehingga para ahli geofisika memperkirakan gempa yang terjadi di Shaanxi kala itu berkekuatan magnitudo 8-8.3. Gempa Shaanxi disebut-sebut juga gempa paling parah dan mematikan sepanjanga sejarah peradaban manusia.

3. Gempa Bumi Haiti

gempa bumi haiti
Sumber: kompas.com

Tragedi gempa bumi yang menggoyangkan tanah negara Haiti pada 12 Januari 2010 silam, menjadikan salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah peradaban modern.

Meski jumlah korban yang tewas masih simpang siur saat itu, tetapi saat ini sudah diperkirakan mencapai 230-316 ribu orang yang tewas akibat tragedi gempa ini.

Baca Juga: Selain Virus Corona, Inilah 5 Wabah Penyakit Mengerikan Dalam Sejarah

4. Badai Siklon Bhola Bangladesh

badai mematikan bangladesh
Sumber: merdeka.com

Siklon tropis bhola atau yang biasa disebut dengan badai siklon, terjadi pada 12 November 1970. Meski pusatnya berada di wilayah Bhola Bangladesh.

Siklon tropis pada tahun tersebut juga telah memporak-porandakan wilayah di daerah Benggala barat, India. Diperkirakan akibat badai siklon ganas ini, lebih dari 500 ribu orang dinyatakan tewas.

5. Banjir Sungai Yangtze China

banjir yangtze china
Sumber: jabar.idntimes.com

Pada tragedi bencana alam banjir di yangtze china ini diperkirakan terdapat jumlah korban melebihi tragedi Bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada 6 dan 9 Agustus 1945.

Meski jumlah korban tewas masih menjadi perdebatan, tetapi diperkirakan setidaknya ada 2 hingga 3,7 juta warga china yang harus meregang nyawa karena bencana tersebut.

Written by Andrian Wicaksono

Sometimes an author, sometimes a photographer, sometimes also a front end developer.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

zodiak terjebak kebohongan sendiri

5 Zodiak Ini Sering Terjebak Dengan Kebohongannya Sendiri

Virus Corona

Untuk Menghindari Virus Corona, Ini Cara Baru Warga Dunia Dalam Bersalaman