in ,

Menghilangkan Rasa Ngantuk Tanpa Kopi, Begini Caranya!

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Kepoinkuy.com – Kantuk menjadi musuh besar banyak pekerja yang harus masuk ke kantor pagi hari. Tantangan melawan kantuk sendiri juga sering muncul pasca jam makan siang, setelah perut terisi dan sejenak beristirahat.

Memang, cara paling sering digunakan melawan kantuk adalah minum kopi. Namun, sebenarnya kadar kopi yang berlebihan tidak terlalu baik efeknya untuk tubuh. Makanya simak cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi berikut ini yang dikutip dari suara.

1. Tidur dengan Jam yang Cukup

Tidur dengan Jam yang Cukup
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Beristirahat dengan waktu yang cukup bisa menghindarkan Anda dari serangan kantuk mendadak atau di pagi hari. Idealnya, tubuh seorang manusia dewasa membutuhkan waktu tidur antara 6 sampai 8 jam dalam sehari.

Baca Juga : 5 Makanan dan Minuman Yang Sangat Berbahaya Jika Dimakan atau Diminum Bebarengan Dengan Durian

Ketika waktu ini tercukupi, maka kantuk yang mendera akan berkurang intensitasnya. Istirahat cukup di malam hari bisa jadi opsi terbaik. Selain durasinya, perhatikan pula ketetapan jadwalnya ya!

2. Berolahraga Rutin

Berolahraga Rutin
Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Meski terdengar dan terasa melelahkan, olahraga rutin ternyata dapat membantu Anda menghindari rasa kantuk yang datang. Dengan berolahraga, tubuh dapat memanfaatkan oksigen dan tenaga yang ada sehingga metabolismenya berjalan lebih baik.

Baca Juga : Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Tambah Pintar dan Juga Tambah Cantik

Olahraga rutin juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari, sehingga Anda bisa bangun dengan segar dan penuh semangat. Tidak perlu olahraga berat, cukup dengan jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan saja bisa jadi alternatif.

3. Gerakan Sederhana di Siang Hari

Gerakan Sederhana di Siang Hari
Foto oleh Ono Kosuki dari Pexels

Rasa kantuk yang menyerang setelah jam makan siang biasanya dilanda oleh Anda yang bekerja di kantor-kantor. Makan dengan menu yang sehat bisa jadi solusi, bersamaan dengan kegiatan fisik ringan di siang hari.

Baca Juga : Rutin Mengonsumsi Teh Jahe Mempunyai Beragam Manfaat Untuk Kesehatan

Bukan, bukan dengan jogging atau olahraga seperti 7 minute workout yang justru dapat membuat Anda makin lelah, tapi cukup dengan berjalan kaki saja. Lemaskan kaki dengan berjalan mendatangi tempat makan, atau sekedar berjalan di area kantor sekaligus mengistirahatkan mata dari gadget.

4. Alih-Alih Kopi, Minum Air Putih Ketika Mengantuk

Alih-Alih Kopi, Minum Air Putih Ketika Mengantuk
Foto oleh Maurício Mascaro dari Pexels

Kopi memang jadi pilihan banyak orang untuk menghadapi kantuk dan mengembalikan semangat. Tapi efek buruk yang bisa ditimbulkan untuk konsumsi berlebih justru jadi nilai kekurangannya.

Anda bisa mengkonsumsi air putih untuk mengurangi kadar kopi harian. Kantuk dan rasa lemas yang muncul bisa jadi hanya karena tubuh kekurangan cairan. Air putih, dalam hal ini, akan jadi pengganti cairan tubuh yang hilang dan mengembalikan fokus Anda.

Bukan berarti Anda dilarang minum kopi untuk menghilangkan ngantuk, tapi jika ada alternatif lain, tidak ada salahnya mencoba bukan?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tes Kepribadian

Tes Kepribadian: Pilih dan Baca Pesan Prediksi Masa Depan Kamu

Zodiak yang Sering Buat Janji

Waspada, 5 Zodiak Ini Selalu Ingkar Janji