in

Mengonsumsi Vitamin C Dapat Menjaga Kesehatan dari Infeksi Virus Corona

Vitamin C Alami

Kepoinkuy.com – Ditengah situasi wabah seperti yang sekarang terjadi (Virus Corona) membuat semua orang wanti-wanti akan kesehatan tubuhnya. Menjaga kesehatan sangatlah penting. Menjaga pola hidup yang sehat seperti rajin berolahraga hingga asupan yang bergizi dan seimbang menjadi hal penting di masa pandemi covid-19.

Dilansir dw, Menjaga kesehatan dan membangun sistem kekebalan tubuh yang baik menjadi krusial di tengah situasi wabah. Tapi bagaimana caranya? Inilah buah dan sayuran kaya kandungan Vitamin C yang penting untuk tubuh di saat wabah corona.

vitamin c dalam buah
Vitamin C dalam Buah membantu untuk menjaga tubuh dari serangan virus

Manusia tidak mampu memproduksi Vitamin C secara mandiri dan sebabnya memerlukan buah-buahan dan sayuran buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti kiwi, jeruk, dan jeruk bali, tetapi juga tedapat dalam sayuran kecambah brussel, brokoli, dan paprika. Sayangnya, sayuran tersebut sensitif terhadap panas – jadi berhati-hatilah saat memasak.

Vitamin C tidak hanya penting bagi orang tua dan orang sakit saja. Fungsi biokimianya juga sangat penting bagi tubuh manusia. Meskipun tidak menyediakan energi bagi tubuh, Vitamin C adalah salah satu zat gizi mikro yang sangat penting untuk sel metabolisme dan daya tahan tubuh kita.

Fungsi Vitamin C

Salah satu fungsi Vitamin C adalah sebagai antioksidan, yang dapat mengurangi kerusakan pada molekul dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal ini diproduksi selama proses metabolisme normal. Namun, zat berbahaya seperti tembakau dengan cepat menyebabkan stres oksidatif dan meningkatnya pembentukan radikal bebas. Ini juga meningkatkan kebutuhan akan Vitamin C.

Selain Vitamin C, kandungan buah stroberi ini juga berfungsi melindungi tubuh manusia dari radikal oksigen. Vitamin yang terkandung di dalamnya memainkan peranan penting dalam berbagai aktivitas enzimatik, seperti sintesis kolagen protein, yang ikut membentuk otot tendon, tulang, tulang rawan, dan kulit. Penyembuhan luka yang lambat dapat mengindikasikan kurangnya Vitamin C.

Vitamin c
Vitamin C Alami

Sebagai antioksidan

Vitamin C bertanggung jawab tidak hanya untuk melindungi sel dalam tubuh, tetapi juga melindungi tubuh saat infeksi, yakni dengan merangsang migrasi sel-sel kekebalan, yang dikenal sebagai neutrofil, ke lokasi infeksi, mempromosikan fagositosis – pembuangan limbah seluler – dan membunuh patogen.

Kekurangan Vitamin C

Kekurangan akut Vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis. Gejala penyakit ini adalah penyembuhan luka yang lambat, memar dan disertai defoliasi rambut dan gigi, serta nyeri sendi. Untuk melindungi diri dari penyakit kudis hanya diperlukan sebanyak 10 miligram vitamin C setiap hari. Vitamin C juga mampu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Menurut lembaga perlindungan konsumen di Jerman, asupan Vitamin C harian yang disarankan adalah 110 mg untuk pria dan 95 mg untuk wanita. Peneliti dari Oregon State University merekomendasikan 400 mg per hari untuk semua orang dewasa. Vitamin dalam jumlah tinggi tidak berbahaya. Jika terlalu banyak dicerna, tubuh akan secara otomatis membuang vitamin berlebih lewat urin.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Jakarta

Pandemi Covid-19 di Asia Tenggara Dari Menurunkan Polusi Hingga Kemacetan

6 Hal yang dapat membatalkan puasa

Wajib Diketahui, Inilah 7 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa