in ,

Menimbulkan Pencemaran, Sebaiknya 4 Sampah Ini Harus Dirusak Sebelum Dibuang

Sampah Botol Plastik - Foto oleh mali maeder dari Pexels

Kepoinkuy.com – Sampah yang tidak dikelola dan dibuang dengan benar bisa menimbulkan pencemaran yang lebih parah.

Tak jarang, sampah juga menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang. Walaupun begitu, caranya tak selalu etis. Ada saja oknum yang memanfaatkan limbah untuk mendulang rupiah dengan cara tak halal.

Buat menghindari dua masalah di atas, sampah perlu dikelola. Salah satu caranya adalah dengan merusak sebelum dibuang. Berikut ini beberapa benda tergolong sampah yang sebaiknya dirusak atau dihancurkan terlebih dahulu sebelum dibuang.

1. Botol Plastik Bekas Minuman

4 Sampah Ini Sebaiknya Dirusak Dulu sebelum Dibuang
Sampah Botol Plastik – Foto oleh mali maeder dari Pexels

Botol plastik bekas minuman ringan atau air mineral sebaiknya diremukkan terlebih dahulu sebelum dibuang. Tujuannya adalah untuk efisiensi saat pengangkutan, sehingga emisi karbon yang dihasilkan saat mengangkut sampah menjadi lebih sedikit. Pastikan juga botol dan tutupnya tidak dipisahkan saat dibuang. Pasalnya, tutup botol ini kerap berakhir di lautan dan menyebabkan pencemaran. Apalagi mamalia laut dan burung sering memakan tutup botol ini sampai mengalami gangguan pencernaan atau bahkan mati.

Baca Juga : Takukah Kalian, Ternyata 6 Barang Ini Sulit Untuk di Daur Ulang

Peremukan botol plastik juga berguna untuk menghindari penyalahgunaan oleh pemalsu. Botol yang sudah remuk juga lebih mudah diolah kembali. Proses pencacahan untuk daur ulang akan lebih mudah jika botol sudah remuk.

2. Kemasan Produk Kecantikan

4 Sampah Ini Sebaiknya Dirusak Dulu sebelum Dibuang
Sampah Produk Kecantikan – Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Tube, jar, dan botol bekas kemasan produk kecantikan kerap dipakai untuk wadah kosmetik atau produk skincare abal-abal oleh oknum curang. Daur ulang yang tidak tepat ini bisa berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa merusak kulit jika berada di tangan konsumen yang kurang waspada.

Sebaiknya gunting-gunting tube BB cream, moisturizer, atau lotion sebelum dibuang. Buat botol produk yang menggunakan bahan lebih keras seperti botol sampo, sebaiknya rusak secukupnya saja. Asal tidak bisa digunakan untuk kemasan lagi sudah cukup.

3. Masker Sekali Pakai

4 Sampah Ini Sebaiknya Dirusak Dulu sebelum Dibuang
Sampah Masker – Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Limbah masker sekali pakai juga menjadi masalah lingkungan yang cukup serius, terutama di tengah pandemi. Tak sedikit masker bekas pakai yang dibuang sembarangan, sehingga menimbulkan risiko penyebaran penyakit dan pencemaran lingkungan. Tak sedikit pula hewan laut yang kakinya terjebak tali masker.

Baca Juga : Ternyata Otak Bisa Memulihkan Tubuh Serta Membuang Racun Saat Kita Tidur

Rusak masker sekali pakai yang sudah dilipat dengan cara disobek atau digunting. Potong juga talinya. Lakukan disinfeksi pada masker yang hendak dibuang atau masukkan ke dalam kantung sampah tersendiri sebelum dibuang. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun antibakteri, larutan disinfektan, atau hand sanitizer sesudahnya.

4. Obat Kedaluwarsa

4 Sampah Ini Sebaiknya Dirusak Dulu sebelum Dibuang
Sampah Obat Kadaluarsa – Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Komposisi obat kedaluwarsa biasanya sudah berubah dan berpotensi membahayakan kesehatan jika dikonsumsi. Apalagi jika dijual lagi dan sampai dikonsumsi. Misalnya antibiotik yang sudah lewat masa pakai. Bisa menyebabkan resistensi antibiotik dan penyakit yang lebih serius.

Menurut penelitian, obat kedaluwarsa yang dibuang begitu saja di tempat sampah berisiko menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Obat kedaluwarsa yang dibuang di toilet dan saluran air bisa mencemari air dan lingkungan di sekitarnya. Membuang obat kedaluwarsa pun ada aturannya. Ada yang petunjuknya tertera di label kemasan. Rusak kemasan obat terlebih dahulu.

Jangan menghancurkan obat tablet atau kapsul begitu saja, tetapi campur obat kedaluwarsa dengan tanah, kotoran kucing, ampas kopi atau zat lain yang menyerap obat. Tempatkan obat yang hendak dibuang ke dalam kantong plastik, tutup rapat, dan buang ke tempat sampah. Tujuannya adalah mencegah anak kecil dan hewan peliharaan mengambilnya.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bendera cina

Malapetaka Pinjaman Gelap Cina Bagi Negara Berkembang

Mengapa Sepeda Motor Dilarang Masuk Jalan Tol

Inilah Alasan Mengapa Sepeda Motor Dilarang Masuk Jalan Tol?