in

Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamannya

Kepoinkuy.comPuasa Senin Kamis adalah salah satu amalan baik yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan umat muslim. Mengingat adanya mukjizat dan manfaat di balik puasa sunnah ini.

Mengapa puasa Senin-Kamis, mengapa bukan hari yang lain? Itu pun ada rahasianya. “Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Nabi Muhammad SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka aku bertanya kepada Beliau, lalu Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya amalan-amalan seseorang didatangkan pada Senin dan Kamis.”

Puasa Senin Kamis
Puasa Senin Kamis – Foto oleh khats cassim

Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Terdapat beberapa hal yang menjelaskan bahwa puasa Senin dan Kamis dikategorikan puasa sunah.

Adapun bunyi riwayat hadits Muslim tersebut berbunyi:

Syaikh Musthafa Al Bugha dalam Fikih Manhaji menegaskan, dalil sunahnya puasa ini adalah berdasarkan hadits riwayat Aisyah RA.

Ia berkata: “Nabi SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis.” (HR Tirmidzi dan Ahmad; shahih lighairihi).

Selain itu, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu juga memasukkan puasa Senin Kamis ini dalam kategori puasa sunnah yang para ulama bersepakat atas kesunahannya tersebut atau termasuk ke dalam ijma’ ulama.

Bukan hanya pada bulan Syawal saja, puasa senin kamis juga dapat dilakukan pada bulan-bulan lainnya. Puasa senin kamis juga biasa dilakukan untuk membayar puasa hutang Ramadhan.

Baca Juga : Wajib Diketahui, Inilah 7 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Niat puasa senin kamis

Niat puasa senin kamis
Niat puasa senin kamis – Foto oleh Naim Benjelloun

Diketahui, dalam berpuasa membaca niat merupakan salah satu syarat wajib berpuasa. Oleh karena itu, jika akan berpuasa, pastikan untuk membaca niat.

Niat berpuasa Senin Kamis ini dianjurkan dilakukan malam hari atau sebelum terbit fajar. Namun karena puasa senin kamis ini puasa sunah, maka jika belum sempat membaca niat di malam hari, kamu boleh membacanya saat pagi hari.

Namun harus diingat, niat puasa ini boleh dilakukan pagi hari asal kamu belum mengonsumsi makan apa-apa serta tidak melakukan apapun yang membatalkan puasa.

Niat puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa.”

Artinya: “Saya niat puasa pada hari senin, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

Niat puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa.”

Artinya: “Saya niat puasa pada hari kamis, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis
Doa Berbuka Puasa Senin Kamis – Foto oleh Ivan Samkov

Berikut beberapa doa buka puasa senin kamus yang bisa dibaca salah satunya saja:

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis yang pertama

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

‘Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin’

Artinya : “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis yang kedua

 اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

‘Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta’ala’

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah.”

Doa berbuka puasa dari riwayat HR Abu Dawud

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah’

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis
Keutamaan Puasa Senin Kamis – Foto oleh Afif Kusuma

Bagi para umat muslim tingkatkan amal ibadah dengan puasa senin kamis. Berikut ini keutamaan puasa senin kamis yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Simak baik-baik ya.

1. Hari Diangkatnya Amal

Senin dan Kamis adalah hari di mana dilaporkannya amalan manusia kepada Allah SWT. Oleh karena itu, pada dua hari tersebut dianjurkan untuk berpuasa sunah.

Imam Tirmidzi meriwayatkan hadis bersumber dari Abi Hurairah, yang berbunyi sebagai berikut.

“Berbagai amalan dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin Kamis, maka aku suka apabila amalanku dilaporkan kala aku sedang menjalankan ibadah puasa.”

2. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

Hari Senin adalah hari kelahiran Rasulullah SAW. Oleh karena itu, disunahkan untuk seluruh umat muslim melakukan ibadah puasa pada hari tersebut, diikuti dengan amalan-amalan baik lainnya seperti beshalawat, berdzikir, dan membaca alquran.

3. Dibukakan Pintu Surga

Keutamaan puasa senin kamis berikutnya dan yang paling dahsyat. Hari senin dan kamis adalah hari dibukanya pintu surga. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan Imam muslim, yang bersumber dari Abi Hurairah.

Pintu surga dibuka hari Senin kamis. Tiap hamba yang menjauhi syirik pada Allah meski sedikit pun maka akan dosanya akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali bagi seseorang yang mempunyai pertengkaran/permusuhan antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan disampaikan pada mereka, akhiri urusan mereka hingga mereka berdua berdamai, akhiri urusan mereka hingga mereka berdua berdamai.”

4. Melatih Kesabaran

Puasa sunan senin kamis juga melatih kesabaran serta hawa nafsu bagi siapa saja yang mengerjakannya. Selain itu, puasa sunan senin kamis juga meningkatkan kemauan dalam mengerjakan amalan-amalan baik lainnya kepada Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan puasa senis kamis. Mari tingkatkan amal ibadah kita kepada Allah SWT dengan menjalankan berbagai amalan baik, salah satunya ibadah puasa sunah senin kamis.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang menjalankannya, selain bernilai ibadah setelah niat puasa Senin Kamis, berikut ini beberapa manfaat lainnya yang bisa diperoleh seperti dikutip dari Lifehack:

1. Membantu Menurunkan Berat

Badan Puasa dapat menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa saat berpuasa, maka memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa.

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Puasa terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat (gula) lebih baik daripada tidak berpuasa.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Mempercepat Metabolisme

Puasa memberi istirahat pada sistem pencernaan di tubuh, dan ini dapat memberi energi metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Jika pencernaan buruk, ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak.

4. Dapat Memperpanjang Umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit orang makan, semakin lama orang akan hidup. Penelitian telah menunjukkan bagaimana masa hidup orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka.

Namun, tidak perlu tinggal di antara komunitas asing untuk mendapatkan manfaat dari puasa. Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat. Semakin muda tubuh, maka semakin cepat dan efisien metabolismenya

Semakin sedikit Anda makan, semakin sedikit tol yang dibutuhkan sistem pencernaan Anda.

5. Meningkatkan Rasa Lapar

Berpuasa membantu mengatur hormon dalam tubuh manusia sehingga Anda mengalami rasa lapar yang sebenarnya.

Kita tahu bahwa orang gemuk tidak menerima sinyal yang benar untuk membuat mereka tahu bahwa mereka kenyang karena pola makan yang berlebihan.

Pikirkan tentang puasa sebagai tombol reset: semakin lama Anda berpuasa, semakin banyak tubuh Anda dapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang benar, sehingga Anda dapat mengalami apa sebenarnya kelaparan itu.Belum lagi, ketika hormon Anda bekerja dengan benar, Anda menjadi lebih cepat kenyang.

6. Meningkatkan Pola Makan

Berpuasa dapat menjadi praktik yang bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan, dan bagi mereka yang merasa sulit untuk membangun pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya.

Dengan puasa Senin Kamis dapat memungkinkan untuk makan pada waktu yang ditentukan yang sesuai dengan gaya hidup seseorang.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).

BDNF mengaktifkan sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu banyak bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf.

Protein ini juga melindungi sel-sel otak dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat sel-sel kanker kelaparan.

Di alam, ketika hewan sakit mereka berhenti makan dan sebaliknya fokus pada istirahat. Ini adalah insting utama untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi.

Manusia adalah satu-satunya spesies yang mencari makanan ketika kita sakit, bahkan ketika dia tidak membutuhkannya.

9. Berkontribusi Pada Pencerahan

Diri Berpuasa telah membantu banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan selama latihan membaca, meditasi, yoga, dan seni bela diri dll.

Tanpa makanan dalam sistem pencernaan, ini membuat ruang untuk lebih banyak energi dalam tubuh, pencernaan adalah salah satu penyerap energi yang paling banyak sistem dalam tubuh. Berpuasa untuk pencerahan diri memungkinkan seseorang untuk merasa lebih baik, baik secara sadar maupun fisik.

Dengan tubuh yang lebih ringan dan pikiran yang lebih jernih, kita menjadi lebih sadar dan bersyukur atas hal-hal di sekitar kita.

10. Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Puasa dapat membantu membersihkan kulit karena dengan tubuh sementara dibebaskan dari pencernaan, puasa dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

cara mengecek nomor telkomsel

Cara Mengecek Nomor Telkomsel Dengan Mudah

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Gak Pake Ribet