in

Pahamilah, 6 Fakta Penyakit Bronkitis

Bronkitis - Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Kepoinkuy.com – Bronkitis umumnya adalah virus yang juga menjadi penyebab ISPA, salah satunya virus flu. Virus ini biasanya terkandung dan tersebar melalui percikan dahak dari orang yang menderita bronkitis. Percikan dahak tersebut dapat melayang di udara untuk beberapa saat, atau menempel di permukaan suatu benda dan bertahan hidup hingga 1 hari. Ketika sudah masuk ke dalam tubuh, baik karena terhirup atau pun tertelan, virus tersebut akan menyerang sel-sel saluran bronkus hingga akhirnya menimbulkan peradangan.

penyakit bronkitis bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya infeksi, gaya hidup, hingga paparan polusi udara dalam jangka panjang. Meski begitu, penyebab utama dari kondisi ini adalah kebiasaan merokok yang dilakukan terus-menerus. Selain penyebabnya yang beragam, ada beberapa fakta lain seputar penyakit bronkitis yang sebaiknya dipahami.Yuk langsung saja simak!

Memahami Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang menyerang paru-paru. Ada beberapa fakta seputar bronkitis yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Terjadi karena Peradangan

Bronkitis terjadi karena ada peradangan pada saluran utama pernapasan alias bronkus. Peradangan yang terjadi kemudian akan mengganggu fungsi dari bronkus. Kondisi ini ditandai dengan gejala khas berupa batuk yang berlangsung selama satu minggu atau lebih. Batuk yang menjadi tanda penyakit ini harus segera ditangani agar tidak memburuk.

2. Dibedakan Menjadi Dua Jenis

Secara umum, bronkitis terbagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkitis akut rentan dialami anak-anak di bawah usia 5 tahun. Peradangan pada bronkitis akut biasanya akan pulih dengan sendirinya, biasanya dalam seminggu hingga 10 hari. Sementara bronkitis kronis lebih sering menyerang orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun. Bronkitis kronis dapat berlangsung hingga 2 bulan, dan merupakan salah satu penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

3. Bisa Disebabkan Rokok

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko bronkitis, tapi kebiasaan merokok disebut menjadi salah satu penyebab utamanya. Sebab, kebiasaan merokok bisa memicu terjadinya iritasi atau peradangan pada selaput bronkial yang berulang.

4. Beda Penyebab

Sama-sama menyerang paru-paru, tapi bronkitis akut dan bronkitis kronis disebabkan oleh hal yang berbeda. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus penyebab pilek dan flu (influenza). Sedangkan penyebab paling umum dari bronkitis kronis adalah kebiasaan merokok, polusi udara, debu, atau gas beracun yang ada di lingkungan atau tempat kerja.

5. Gejala Mirip

Meski penyebabnya berbeda, kedua penyakit ini umumnya menimbulkan gejala yang sama, yaitu gangguan pada pernapasan. Bronkitis akut dan bronkitis kronis ditandai dengan gejala nyeri dada, batuk berlendir, sesak napas, serta mengi atau muncul suara seperti siulan saat bernapas. Perbedaannya, pada bronkitis akut biasanya juga akan muncul gejala seperti demam ringan, tubuh nyeri, pilek dan hidung tersumbat, serta sakit tenggorokan.

6. Harus Segera Diobati

Penyakit ini sebaiknya tidak dianggap sepele dan harus segera ditangani sebab bronkitis kronis merupakan suatu kondisi yang lebih serius. Kabar buruknya, kondisi ini bisa berubahan menjadi hal yang harus diwaspadai jika tidak ditangani segera. Bronkitis yang tidak segera diobati bisa berlangsung hingga berbulan-bulan, bahkan menahun. Jika sudah parah, gejala bronkitis biasanya juga akan lebih sering muncul dan lebih parah, sebab ada peningkatan produksi lendir pada tabung brokus yang terjadi akibat peradangan.

Written by Diah Anggraini

Hobbinya suka mendengarkan musik K-Pop, lebih menyukai kesunyian, selalu menatap kedepan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fakta unik tentang kucing

6 Fakta tentang Kucing Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar di Dunia

Daftar 5 Turnamen Esport Dengan Hadiah Terbesar di Dunia