in

OMGOMG

Penjelasan dan Tips Cara Berlindung Dari Sambaran Petir

Pada umumnya petir terjadi disaat hujan turun ataupun pada kondisi awan mendung. Petir sendiri adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Energi yang dilepaskan petir sangat besar sehingga menimbulkan rentetan cahaya serta panas dan bunyi yang keras.

Petir

Petir juga dapat menghancurkan bangunan, pohon ataupun menewaskan orang, sedangkan suhu pada jalur di mana petir terbentuk bisa mencapai 10 ribu derajat Celcius dan memancarkan cahaya yang lebih terang dibandingkan 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.

Banyak orang yang percaya bahwa jika sedang terjadi hujan jangan berlindung dibawah pohon, mitos tersebut sangatlah tepatm, menurut BMKG pohon sangat rawan tersambar petir karena pohon dalam kondisi basah, jika pohon tersambar petir maka arus tegangan super tinggi dapat menjalar hingga ke akar.

Dilansir Merdeka dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan bahwa peluang seseorang tersambar petir yaitu 1 : 10,5 juta orang. Meskipun rendah, tetap lah harus selalu waspada. NOAA menjelaskan selama tahun 2006 – 2016, kasus kematian karena tersambar petir mencapai 350 orang, dan 165 dari angka tersebut tersambar petir di wilayah terbuka. Adapun angka sisanya terjadi di kapal, perairan, dan tempat-tempat yang tidak diketahui.

BMKG Membagikan bagaimana cara berlindung yang tepat jika terdapat hujan disertai petir

  1. Hindari berlindung di bawah pohon saat hujan. Pohon yang tersambar petir, energinya dapat melompat ke tubuh.
  2. Jauhi Menara, tiang listrik, atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.
  3. Apabila sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.
  4. Apabila berada di kolam renang, segera naik dan menjauh. Petir dapat menghantarkan energi ke air.
  5. Apabila mendengar suara guntur, segera masuk ke dalam ruangan atau mobil jika sedang berada di luar ruangan.
  6. Jangan berada di lapangan, sawah atau taman. Petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.
  7. Apabila sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3 hingga 5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir.

Badan Kelautan dan Atmosfer atau NOAA (John Jensenius) juga memberikan tips berlindung dari serangan petir di tempat tertentu

  1. Apabila berada di hutan, sebaiknya hindari pohon yang tinggi serta berdiri sejauh mungkin dari pohon apapun.
  2. Apabila sedang berkemah, sebaiknya pindah ke daerah yang lebih rendah atau lembah untuk mendirikan kemah ketika hujan. Hindari jurang dan daerah yang rawan banjir bandang.
  3. Jika hujan petir telah reda, sebaiknya tunggu 30 menit apabila ingin meninggalkan rumah atau tempat berlindung semula, karena menurut data 50 persen kasus tersambar petir terjadi setengah jam setelah hujan reda.
  4. Selalu mengecek ramalan cuaca sebelum beraktivitas agar dapat memperkirakan aktivitas yang mungkin dapat terhambat karena hujan atau mungkin dapat menyelamatkan hidup.
  5. Jika berada di kapal, sebaiknya hindari benda logam yang basah karena mudah menghantarkan arus listrik. Tubuh manusia juga dapat menjadi penghantar arus listrik.

Itulah seputar pengetahuan tentang petir dan tips cara berlindung dari petir, semoga bermanfaat

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Hati-Hati! Jangan Sepelekan 8 Gejala Kesehatan Ini!

Berasa Berada di Dalam Film Fiksi, Inilah 9 Tanaman Paling Unik dan Aneh di Dunia