in ,

Tanpa Disadari, 5 Hal Yang Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Diare

Kepoinkuy.com – Diare merupakan sebuah kondisi ketika pengidapnya melakukan buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Pada umumnya, diare tidak berbahaya jika tidak terjadi dehidrasi. Namun, jika disertai dehidrasi, penyakit ini bisa menjadi fatal, dan penderitanya perlu segera mendapat pertolongan medis.

Banyak orang yang menganggap bahwa diare ini pasti disebaban oleh makanan. Walau begitu, sejumlah hal lain juga bisa menjadi penyebab terjadinya diare ini.

Dilansir dari Men’s Health, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab munculnya diare.

1. Konsumsi Sorbitol

Penyebab diare
Energy Drink

Sorbitol adalah salah satu pemanis buatan yang bisa ditemukan di banyak produk bebas gula. Sorbitol biasanya terdapat pada permen karet, obat batuk, minuman berenergi, jus, dan selai. Banyak orang yang tak menyadari adanya sorbitol dalam makanan mereka, hal inilah yang membuat mereka tak tahu bahwa sorbitol juga bisa menyebabkan diare.

Ketika dicerna, sorbitol akan memicu air untuk masuk ke saluran usus dan bisa menyebabkan diare. Untuk itu, sangat penting mengecek label makanan sebelum mengonsumsinya.

2. Olahraga Berlebihan

penyebab diare
Olahraga Berlebihan

Olahraga memang bisa membuat tubuh bugar dan sehat. Namun jangan salah, olahraga berlebihan juga bisa berakibat buruk untuk pencernaan.

Olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan suplai darah berkurang pada saluran pencernaan dan otot. Hal ini bisa menyebabkan kram. Tak hanya itu, ini juga bisa menyebabkan diare dan terkadang bahkan menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

3. Konsumsi Antibiotik

Penyebab diare
Antibiotik

Antibiotik bisa membantu untuk meredakan penyakit atau bahkan membunuh parasit giardia yang menyebabkan diare. Tetapi, antibiotik juga bisa memicu masalah pencernaan seperti diare.

Dalam batas tertentu, antibiotik bisa mengubah bakteri dalam pencernaan dan menyebabkan keseimbangan antara bakteri baik dan buruk menjadi rusak. Hal inilah yang kemudian memicu diare.

4. Konsumsi Minuman Beralkohol

Penyebab diare
Minuman Beralkohol

Alkohol tak hanya bisa menyebabkan masalah serius seperti menurunnya kemampuan otak atau merusak lever, tetapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan ringan dan sedang seperti diare. Karbohidrat yang ada dalam minuman beralkohol sangat besar dan akan terfermentasi dalam usus sehingga menyebabkan produksi gas meningkat dan memicu diare.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi biang kerok terjadinya masalah pencernaan yang kamu alami. Walau begitu, ketika diare ini tak kungjung usai selama beberapa waktu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Leave a Reply
  1. oalah olaharaga over juga bisa buat diare ya, saya sih ga pernah kalau gara-gara itu. Cuma kalau kebanyakan makan dengan bermacam-macam jenis…itu dah yang paling berabe.

    Apalagi klo pedes semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mitos Grooming yang Sering Ditakuti pria

Benarkah 7 Mitos Grooming ini Sering Ditakuti Para Pria, Simak Penjelasannya !

tanda seseorang menyukai anda

Inilah 6 Tanda-tandanya Seseorang Menyukai Anda