in ,

Terapkan 4 Pola Makan Ini Untuk Cegah Kolestrol Tinggi !

Foto oleh Andrea Piacquadio

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi memang sangat tidak baik untuk tubuh. Ini karena dengan tingginya kadar kolesterol dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga pola makan agar kadar kolesterol dalam tubuh dapat tetap stabil. Menerapkan pola makan sehat dengan mengurangi makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori menjadi dasar yang dianjurkan oleh dokter untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

Berikut 4 pola makan yang dapat dilakukan untuk menjaga kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. kepoinkuy!

1. Hindari Konsumsi Lemak Jenuh
Dibandingkan dengan makan banyak makanan tinggi lemak jenuh seperti kue-kue, pastry, bacon dan lain-lainnya, coba pertimbangkan alternatif makanan nabati yang lebih sehat. Lemak jenuh memiliki pengaruh yang sangat besar baik bagi penumpukan lemak di dalam tubuh hingga lonjakan kolesterol yang bisa terjadi dalam aliran darah.

2. Jangan Banyak Minum Alkohol
Meski sering dianggap memiliki khasiat kesehatan, nyatanya konsumsi minuman beralkohol justru mempunyai efek buruk yang jauh lebih banyak. Banyak sekali ahli gizi yang mengatakan bahwa minuman beralkohol memiliki hubungan kompleks dengan pengaruhnya terhadap kadar kolesterol.

Walaupun dikatakan jika dikonsumsi dalam batas yang wajar bisa memberikan manfaat kesehatan yang baik tetapi sedikit alkohol saja sudah mampu memberikan efek buruk yang juga tak kalah banyak dari efek baiknya. Bahkan batas maksimal yang ditetapkan oleh ahli gizi untuk perempuan ada pada satu gelas dalam sehari dan pada laki-laki dua gelas dalam sehari.

3. Hindari Makanan Olahan
Makanan cepat saji memang terasa sangat nikmat. Rasanya makanan cepat saji menjadi jawaban yang paling tepat saat sedang sangat lapar namun memiliki waktu yang terbatas.

Sayangnya makanan cepat saji seperti ayam goreng atau bahkan donat termasuk ke dalam makanan olahan yang dapat memberikan efek berbahaya untuk tubuh. Dalam makanan cepat saji dan makanan lahan terdapat karbohidrat serta gula tambahan yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.

4. Konsumsi Lebih Banyak Serat
Bukan hal yang buruk jika ingin mengisi piring makanmu dengan berbagai buah-buahan dan sayuran dengan warna-warni yang indah. Selain menyajikan makanan dengan lebih indah cara ini juga ampuh untuk membuat kamu mengonsumsi makanan dengan lebih sehat dan tinggi serat.

Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan bisa disusun sedemikian rupa agar mewarnai waktu makan dan membuat waktu makan menjadi lebih menyenangkan. Kandungan serat yang ada dalam makanan-makanan yang berserat ini sangat direkomendasikan oleh ahli kesehatan dan pakar gizi untuk membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.

Konsumsi makanan tinggi serat dikatakan mampu menekan lonjakan kolesterol dengan sangat cepat. Selain itu konsumsi serat melalui buah-buahan, sayuran dan biji-bijian serta yang lainnya baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi.

Itu dia beberapa pola makan untuk cegah kolesterol berlebih dalam tubuh, dari daftar tersebut mana saja nih yang sudah kalian lakukan ?

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

5 Genre Musik Paling Populer di Dunia

5 Genre Musik Paling Populer di Dunia

4 Cara Mudah Download Video Youtube Tanpa Menggunakan Aplikasi !

4 Cara Mudah Download Video Youtube Tanpa Menggunakan Aplikasi !