in

Posisi atau Postur Yang Baik dan Benar Ketika Bekerja di Depan Komputer

perhatikan kenyamanan layar monitor

Kepoinkuy.com – Bagi semua orang yang bekerja di depan komputer selama berjam-jam memanglah sangat membosankan dan bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Aktivitas menatap layar komputer selal berjam-jam membuat punggung terasa pegal dan nyeri, apalagi jika punggung, leher, pergelangan tangan selalu di posisi yang sama selama berjam-jam.

Bagian belakang tubuh terdiri dari cakram, sendi, otot dan saraf yang kompleks, sehingga duduk posisi yang buruk bisa menyebabkan tekanan luar biasa pada tulang punggung seperti dikutip dari laman Medical Daily.

Lalu bagaimana posisi atau postur yang baik dan benar ketika bekerja di depan komputer salama berjam-jam, berikut ulasannya.

Perhatikan meja dan kursi

Posisi Tubuh yang Baik saat Bekerja Lama di Depan Layar
perhatikan kenyamanan meja dan kursi kerja

Meja dan kursi yang digunakan ternyata memainkan peran penting. Coba pilih kursi yang nyaman, dan pastikan untuk menyesuaikan ketinggian agar kaki Anda rata di atas lantai, lalu cobalah duduk tegak.

Bantal kecil di belakang punggung bawah akan sangat membantu jika dirasa tidak nyaman. Ingat juga dengan perangkat yang berbunyi sewaktu-waktu mengingatkan untuk duduk tegak, saat tidak sadar punggung membungkuk.

Baca Juga : 5 Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengurangi Stress

Bisa juga mengakalinya dengan menempelkan perangkat di punggung yang akan bergetar saat postur tubuh cenderung membungkuk.

Ingat juga untuk bangun dan bergerak sesekali, seperti mengobrol dengan rekan kerja atau keluarga, pergi minum kopi atau istirahat makan siang. Mirisnya di rumah kita sangat mudah lupa dan tidak sadar sudah duduk di kursi selama berjam-jam.

Layar monitor

Posisi Tubuh yang Baik saat Bekerja Lama di Depan Layar
perhatikan kenyamanan layar monitor

Saat bekerja, pastikan untuk bisa menyesuaikan monitor, keyboard, dan mouse dengan benar untuk mendapatkan postur tubuh yang baik. Pastikan mata Anda harus sejajar dengan garis atas layar.

Baca Juga : Segudang Manfaat Dari Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda merasa mulai tegang, bisa juga diakali dengan mengurangi kecerahan layar agar tidak terlalu memaksa mata. Pencahayaan yang cukup di ruang kerja juga akan membantu meminimalkan ketegangan ketika menatap layar sepanjang hari.

Mengurangi cedera berulang

Posisi Tubuh yang Baik saat Bekerja Lama di Depan Layar
menghindari cidera

Jika merasakan nyeri di pergelangan tangan atau mati rasa, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli papan ketik, mouse dan alas mouse yang ekonomis untuk meredakan tekanan di pergelangan tangan.

Bisa juga melakukan senam pergelangan tangan untuk mengurangi nyeri di pergelangan tangan. Tapi jika mati rasa terus belanjut maka tidak ada salahnya untuk menemui dokter untuk diagnosis lebih lanjut maupun terapi.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Hindari 5 Kebiasaan ini di Masa Muda yang Akan Membuat Hidupmu Hancur

pewarna karmin Cochineal

Viral di TikTok, Ini Asal Usul Pewarna Makanan Karmin Yang Terbuat Dari Serangga