in

Rutin Mengonsumsi Teh Jahe Mempunyai Beragam Manfaat Untuk Kesehatan

Kepoinkuy.com – Jahe kaya akan antioksidan dan antiinflamasi alami. Selama ratusan tahun pun nenek moyang kita telah menggunakan jahe untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari flu, mual, migrain, hingga hipertensi.

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal punya banyak manfaat. Tak hanya menghangatkan tubuh, manfaat jahe untuk kesehatan juga ada banyak lho.

manfaat jahe
Photo by Joris Neyt from Pexels

Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.

Dikutip dari Brightside, Jahe masuk dalam anggota Zingiberanceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain. Contohnya, kencur, kunyit, dan lengkuas. Pertanyaanya, apa sih manfaat jahe bila dikonsumsi secara rutin?

1. Mencegah Penyakit Jantung

Jahe dikenal di kalangan peneliti karena kemampuannya mencegah penyakit jantung. Beberapa manfaatnya bagi jantung termasuk penurunan kolesterol jahat, peningkatan kolesterol baik, dan penurunan tekanan darah seseorang.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang sedang berencana menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi teh jahe secara rutin. Para peneliti telah menemukan bahwa akar pedas pada jeh dapat menurunkan rasa lapar serta asupan makanan dan mampu membuat Anda merasa kenyang.

Baca Juga : Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Tambah Pintar dan Juga Tambah Cantik

3. Mengontrol Gula Darah

Konsumsi jahe secara rutin juga dapat membantu mengontrol gula darah. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kalian dapat mengurangi komplikasi diabetes hanya dengan 12 minggu konsumsi jahe setiap hari.

4. Mencegah Kanker

Ada bukti kuat yang membuktikan bahwa jahe memiliki khasiat untuk mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, pankreas, hati, dan kolorektal.

Baca Juga : Ketahui 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjalmu !

5. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi teh jahe selama 21 hari dapat membantu Anda mengalami peningkatan sistem kekebalan tubuh yang dapat mengakibatkan penurunan infeksi dan penyakit.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

wanita indonesia yang masuk nominasi wanita tercantik di dunia

7 Artis Indonesia Ini Ternyata Masuk Nominasi Wanita Tercantik Sedunia Lho!

8 Fakta Menarik Tentang Ibiza “Pulau Surga” Yang Berada di Negara Spanyol !