in

Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Tambah Pintar dan Juga Tambah Cantik

Kepoinkuy.com – Teh menjadi minuman yang sangat digemari di dunia setelah kopi. Banyak segudang manfaat yang terdapat di dalam teh. Terutama teh hijau, teh ini sangatlah enak dan juga menyehatkan ditambah lagi teh hijau mengandung sejuta khasiat.

Khasiat Teh Hijau
Daun Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang bisa jadi pilihan minuman selain kopi. Teh hijau mengandung antioksidan dan polifenol yang paling tinggi dibandingkan dengan teh yang lain. Antioksidan dan polifenol dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas, memberi efek anti kanker dan anti peradangan.

Baca Juga : 3 Definisi Wanita Cantik Dari Berbagai Suku Di Belahan Dunia

Dilansir dw, berikut beberapa manfaat dari teh hijau untuk kesehatan manusia.

Tetap sehat dan cantik

Teh kaya kandungan polifenol, yang mempunyai efek positif seperti mengurangi peradangan dan membantu memerangi kanker. Dalam teh hijau, kandungan polifenolnya sangat tinggi dibanding jenis teh lainnya. Dan ini mencakup antioksidan yang memerangi radikal bebas, yang diketahui menyebabkan penuaan dan berbagai penyakit.

Meningkatkan fungsi otak

Menurut studi, kafeina dan sejenis asam amino yang disebut L-theanine bekerja sama dengan efisien. Kombinasi keduanya sangat menguntungkan fungsi otak. Dalam teh hijau, campuran L-theanine dan kafeina yang tidak sebanyak di dalam kopi, bagi banyak orang memberikan efek berbeda. Yaitu energi yang lebih stabil dan meningkatnya produktivitas.

Baik untuk memerangi obesitas

Sejumlah studi menunjukkan, teh hijau mendorong metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh. Di samping itu, sejumlah studi lain mengungkap, teh hijau juga mampu menurunkan lemak di tubuh, terutama di daerah perut.

Mengurangi risiko kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Antioksidan yang dikandung teh hijau bisa membantu mengurangi risiko kanker, antara lain kanker prostata dan kanker payudara. Sebuah studi mengungkap, teh hijau bisa menurunkan risiko hingga 20-30%.

Memerangi bakteri

Kandungan antioksidan alamiah dalam teh hijau juga memerangi bakteri. Streptococcus mutans adalah bakteri paling merusak yang ada di mulut. Bakteri ini menyebabkan pembentukan plak dan kerusakan gigi. Menurut studi, antioksidan dalam teh hijau bisa mencegah pertumbuhan Streptococcus mutans. Sehingga meminum teh hijau memperbaiki kesehatan gigi, menurunkan risiko karies dan bau mulut.

Meredam risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular mencakup sakit jantung dan stroke. Ini juga jadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Studi mengungkap, teh hijau bisa memerangi faktor-faktor yang jadi risiko terbesar terserang penyakit ini. Misalnya kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida.

Membantu menjaga kelangsingan tubuh

Sebuah studi mengungkap, mereka yang mengonsumsi teh hijau kehilangan rata-rata 13 kilogram berat badan selama 12 pekan. Tetapi upaya lain seperti berdiet yang sehat dan berolahraga juga harus dilakukan.

Kafein dan katekin (antioksidan) dalam teh hijau dikenal banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Namun, selain itu juga dapat menyebabkan efek samping, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan jadi bijak meminum teh hijau ya kawan sekalian.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Inilah 3 Zodiak Yang Super Sensitif, Kamu Salah Satunya?

Bikin Melongo, Potret Harga Pajak STNK Mobil Lamborghini Aventador