in , ,

Selain Virus Corona, Inilah 5 Wabah Penyakit Mengerikan Dalam Sejarah

Kepoinkuy.com – Di awal tahun 2020 ini dunia dikejutkan dengan wabah penyakit yang bernama virus corona, seperti yang kita ketahui, virus ini bisa menular melalui udara dan kontak fisik dengan orang yang sudah terkontaminasi oleh virus ini.

Penyebab munculnya virus ini berasal dari banyaknya warga cina tepatnya dikota wuhan yang hobi mengkonsumsi kuliner ekstream seperti sup kelelawar dan daging hewan liar lainnya. untuk update korban saat ini sudah mencapai 305 orang meninggal dan 14.568 orang yang terinfeksi oleh virus corona ini.

Dengan munculnya wabah penyakit virus corona ini, ternyata sebelumnya sudah pernah muncul wabah virus yang lebih mematikan dalam sejarah peradaban manusia.

Dilansir dari greatlist, berikut adalah wabah penyakit mengerikan dalam sejarah:

1. HIV & AIDS

Virus HIV merupakan virus yang mengakibatkan pengidapnya kekurangan kekebalan tubuh yang menimbulkan penyakit AIDS. Sejak mencuat pada awal tahun 1980 an, lebih dari 30 juta orang tewas akbita AIDS, dan puluhan juta lainnya menderita kerusakan fisik dan psikologi yang sangat menyiksa.

2. Black Death

Wabah penyakit yang satu ini telah banyak diabadikan kengeriannya lewat tulisan dan dalam bentuk lukisan. Wabah maut hitam atau black death muncul pada dekade 1330 di suatu tempat di Asia timur atau tengah, dan langsung menyebar ke seluruh dunia, khususnya di Eropa. Korban yang mati akibat wabah maut hitam ini mencapai 75 juta-200 juta jiwa.

Baca Juga : Ketahui 5 Jenis Penyakit Yang Belum Ditemukan Obatnya Hingga Kini

3. Flu Spanyol

Pada tahun 1918, tentara di parit-parit Prancis utara mulai mati dalam jumlah besar akibat wabah ganas yang dijuluki dengan Flu spanyol. Dalam beberapa bulan saja, sekitar setengah milliar orang, sepertiga populasi global ambruk oleh virus itu. Di negara India, virus tersebut telah membunuh 5% dari populasi manusia. Di negara Tahiti, 14% penduduk mati Akibat dari virus Flu spanyol, 50 juta-100 juta mati dalam waktu kurang dari setahun.

4. Cacar

Penyakit cacar pada zaman dahulu ternyata merupakan penyakit mematikan. Wabah penyakit cacar tercatat dalam sejarah telah merenggut jutaan nyawa manusia di abad 16. Wabah cacar pertama kali diidap oleh seorang budak Afrika yang diberangkatkan ke Meksiko, Francisco de Egula. Meksiko yang dulunya berpendudukan 22 juta jiwa, kemudian hanya beberapa bulan setelah wabah cacar menyebar menjadi 14 juta jiwa yang masih hidup.

5. Justinian

Wabah penyakit yang berasal dari negara Cina. wabah ini adalah wabah Pes pertama kali yang mencapai Eropa sekitar tahun 540 masehi. Penyakit ini menyerang ke seluruh benua selama hampir 200 tahun dan diperkirakan telah menyebabkan jumlah populasi Eropa menurun sekitar 50% dari waktu ke waktu. Penulis sejarah yunani Procopius menulis pada puncaknya wabah itu yang telah menewaskan 10.000 orang per-hari di Konstatinopel.

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

lembur

Berbahaya! 2 Risiko Penyakit Mematikan Kalau Sering Kerja Lembur

pilot

Cerita Lucu 3 Pilot Terdampar Yang Bikin Ngakak!