in ,

Tahukah Anda, Ternyata Ciuman Bisa Menularkan Penyakit Berbahaya

Foto oleh Ba Tik dari Pexels

Kepoinkuy.com – Berciuman bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan bila dilakukan oleh pasangan yang sedang dimabuk asmara.

Bahkan, faktanya, sentuhan antara bibir saat berciuman dapat membantu membakar kalori. Setidaknya, ada 2-3 kalori terbakar setiap menit Anda berciuman. Namun tahukah kalian ciuman ternyata menjadi perantara penyebaran beberapa penyakit loh.

Penyakit Berbahaya Menular Lewat Ciuman
Penyakit Berbahaya Menular Lewat Ciuman – Foto oleh Vera Arsic dari Pexels

Dikutip dari laman Times of India, tanpa kita sadari, kondisi kesehatan berikut ternyata bisa menular lewat sebuah ciuman.

Influenza

Influenza bisa menular melalui orang yang terinfeksi. Hal ini terjadi saat seseorang kontak dengan mukus atau air liur orang yang terinfeksi. Biasanya kontak ini terjadi melalui tiga cara, yaitu bersin, batuk atau berciuman. Gejalanya meliputi nyeri otot, sakit kepala, radang tenggorokan dan demam.

Herpes

Herpes bisa menular lewat ciuman dan mengakibatkan kamu terkena herpes simpleks di dalam dan sekitar mulut.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Tubuh Yang Menggigil

Sifilis

Ini adalah penyakit lain yang bisa menular lewat kontak fisik seperti berciuman dan aktivitas seksual. Sifilis juga bisa membuat mulut luka. Tapi infeksi ini bisa dikendalikan dengan bantuan antibiotik.

Meningitis

Meningitis karena bakteri biasanya menular lewat ciuman. Gejalanya meliputi leher kaku, demam dan sakit kepala.

Virus pernapasan

Penyakit ini merujuk pada pilek, flu dan campak. Kondisi tersebut bisa menginfeksi tubuh bahkan dengan hanya berbagi pemakaian barang atau kamar yang sama. Tapi, kemungkinan mendapat virus ini meningkat berkali-kali lipat ketika kamu berciuman.

Baca Juga : Berbahaya dan Mematikan, 7 Virus Ini Menjadi Momok Menakutkan Bagi Manusia

Penyakit gusi

Meski penyakit ini tidak menular lewat ciuman, bakteri buruk yang menyebabkan penyakit ini bisa. Karenanya, menyikat gigi adalah cara terbaik.

Gigi membusuk

Kondisi ini disebabkan oleh bacterium streptococcus mutan, peluang gigi membusuk menular sangat tinggi setelah berciuman.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Penyebab Susah Tidur, Padahal Sedang Capek-capeknya.

Kim Ji Soo

Unik, Para Aktor Korea Selatan Ini Punya Julukan Tersendiri Dari Warganet