in ,

Tahukah Kamu Inilah 5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Penggunaan sabun, deodorant serta parfum berlebih - Foto oleh Maddog 229 dari Pexels

Kepoinkuy.com – Bau yang disebabkan oleh keringat dan bakteri yang umumnya ditemukan pada kulit. Sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh agar aroma tubuh tetap harum.

Sebenarnya bau badan dapat berubah-ubah tergantung berbagai faktor mulai dari lingkungan hingga kegiatan yang sedang kita lakukan. Beberapa hal ini merupakan penyebab timbulnya bau badan tak sedap yang dikutip dari Beautynesia.

Konsumsi makanan tertentu

Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Konsumsi makanan tertentu

Beberapa makanan memiliki aroma yang kuat serta komposisi yang unik yang dapat menjadi penyebab bau badan tak sedap. Daging, bawang-bawangan, serta junk food dapat merubah aroma tubuh menjadi lebih buruk. Makanan tersebut meningkatkan produksi keringat yang dapat bercampur dengan bakteri sehingga menghasilkan bau tak sedap. Karena itu cobalah untuk mengurangi makanan tersebut dan perbanyaklah konsumsi sayuran dan air putih.

Baca Juga : Penjelasan Mengapa Mulut Bau Setelah Bangun Tidur

Bahan pakaian tidak menyerap keringat

Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Bahan pakaian tidak menyerap keringat – Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels

Jika kamu memiliki segudang aktivitas apalagi di luar ruangan maka pilihlah pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Berbagai bahan pakaian seperti rayon, poliester dan nilon merupakan beberapa contoh bahan pakaian yang sulit menyerap keringat. Selain itu bahan tersebut memiliki sirkulasi udara yang buruk yang tentunya dapat meningkatkan aktivitas bakteri sehingga badan akan lebih bau.

Penggunaan sabun, deodorant serta parfum berlebih

Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Penggunaan sabun, deodorant serta parfum berlebih – Foto oleh Maddog 229 dari Pexels

Sebenarnya terdapat banyak bakteri di kulit ketiak dan hal tersebut adalah hal yang normal. Penggunaan sabun, deodorant serta parfum secara berlebihan dapat berpotensi membunuh baketri baik dan meningkatkan aktivitas bakteri penyebab bau badan. Apabila kamu merasa tubuh lebih bau setelah penggunaan produk tersebut maka hentikanlah pemakaiannya agar bau badan tidak bertambah parah.

Baca Juga : 5 Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengurangi Stress

Stress

Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Stress – Foto oleh Brian James dari Pexels

Siapa yang menyangka bahwa ternyata stress dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya aroma tubuh tak sedap? Ketika stress tubuh biasanya memproduksi keringat berlebih yang menyebabkan kondisi tubuh lembab sehingga bakteri akan lebih mudah hidup. Hal ini lah yang menyebabkan tubuh menjadi bau.

Baca Juga : Penelitian Mengungkapkan, 10 Jenis Makanan & Minuman Ini Sama Candunya Seperti Narkoba

Konsumsi obat-obatan

Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Konsumsi obat-obatan

Ada beberapa obat yang menimbulkan efek samping berupa perubahan bau badan. Beberapa diantaranya yaitu obat pereda nyeri serta alergi yang banyak dijual bebas di apotek. Selain itu beberapa obat yang diresepkan dokter seperti ADHD bahkan pil KB ternyata juga dapat menimbulkan bau badan tak sedap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis

Wanita yang Sebaiknya Tidak Dipilih Jadi Pasangan

Lima Tipe Wanita Yang Harus Dihindari Dalam Berhubungan, Jika Tak Mau Menyesal

Free!

7 Anime Bergenre Sport Paling Seru dan Layak Untuk Ditonton