in ,

Tahukah Kamu? Inilah Sosok Pahlawan Penemu Fitur “Copy+Paste” Copas

Kepoinkuy.com – Kombinasi Ctrl+C Ctrl+V adalah kombinasi untuk menyalin teks dan file pada keyboard komputer, atau yang biasa disebut fitur copas, dengan adanya fitur kombinasi keyboard ini pengguna komputer dapat lebih dipermudah dan tidak perlu pusing untuk menyalin teks dengan cara manual atau diketik ulang.

Namun, tahukah kamu siapakah orang yang telah berjasa dalam menemukan fitur copas ini?

Sumber : twitter.com

Iya dia adalah “Larry Tesler”, dia adalah sosok pencipta fitur sejuta umat itu. Bagi orang awam tentu sangat asing mendengar nama itu, namun tesler ternyata sangat berpengaruh di dunia teknologi. Tesler awalnya adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja di Xerox PARC ditahun 1970an. Xerox PARC adalah pusat penelitian komputer yang ada di Paolo Alto California USA.

Baca Juga : Hanya Dengan Jualan Celana Pendek, Elon Musk Bisa Menambah Pundi-Pundi Kekayaannya

dilansir dari search.inf, Ketika itu, Tesler sedang melakukan penelitian program Smaltalk-76 yang bertugas menyimpan data teks ke dalam memori internal komputer. Nah, saat itulah Tesler menciptakan fitur “cut”, “copy”, dan “paste”. Fitur ini dimaksudkan untuk memotong bagian teks untuk dipindah kebagian lain. Copas tercatat pertama kali digunakan selama tahun 1973-1976 oleh Tesler dan rekannya, Tim Nott untuk bahasa pemrograman Gypsy.

Setelah berhasil menciptakan fitur copas, Tesler akhirnya pindah dan bekerja di Apple Computer pada tahun 1980. Disini, dia menjabat sebagai ketua divisi pengembangan teknologi komputer, hingga ikut berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi komputer Mac, pada tahun 1997 Tesler akhirnya hengkang dari perusahaan Apple.

addthis.com

Pria ini kemudian melanjutkan pekerjaannya ke Amazon.com hingga Yahoo. Di kedua perusahaan raksasa itu Tesler sama-sama menjabat sebagai wakil presiden. Pasca keluar dari dua perusahaan itu, Tesler kini menjadi kontraktor teknologi independen dan menyebarkan antusiasme “coding” ke generasi muda Amerika.

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Jenis Gangguan Mental Yang Berbahaya, Apakah Kamu Termasuk Mengalaminya ?

FC Barcelona

Barcelona, Real Madrid – Inilah Daftar 7 Klub Sepakbola Paling Kaya di Dunia