in

Takukah Kalian, Ternyata 6 Barang Ini Sulit Untuk di Daur Ulang

Sampah menjadi momok bagi semua warga di bumi, bagaimana tidak, sampah semakin hari semakin banyak dan unit pengelolaan limbah sambah sangat terbatas akibatnya sampah berserakan dimana saja. Ada berbagai macam jenis sampah mulai dari sampah plastik hingga kertas.

Banyak orang mulai sadar untuk selalu mendaur ulang beberapa barang yang ada dirumah dan tidak terpakai.Tapi pada kenyataannya beberapa produk ini sangat sulit untuk di daur ulang.

Apa sajakah berikut list barang-barang disekitar kita yang sangat sulit untuk di daur ulang dilansir dw …

1. Sedotan kertas

Sedotan Kertas

Sedotan kertas jadi alternatif untuk sedotan plastik. Tapi, ternyata bisa sulit untuk didaur ulang jika sudah terkontaminasi dengan makanan atau minuman. Lebih lagi jika dibiarkan dibuang begitu saja dengan tumpukan sampah lain, maka akan sulit terurai. Jangan lupa, sedotan kertas ini juga barang sekali pakai, jadi belum tentu baik untuk lingkungan kita!

2. Struk belanja

Struk belanja | Via DW

Tidak semua struk belanja Anda ternyata bisa didaur ulang. Struk yang dicetak di kertas termal biasanya terbuat dari kertas berbahan campuran, sehingga sulit untuk didaur ulang. Selain sulit didaur ulang, struk belanja ini juga dilapisi dengan BPA (Bisfenol A) dan BPS (Bisfenol S) yang bisa membawa dampak negatif untuk kesehatan kita karena mengandung racun.

3. Kemasan pasta gigi

Kemasan Pasta Gigi

Kemasan pasta gigi dan kemasan lain seperti tabir surya juga sulit untuk didaur ulang. Alasannya adalah lapisan aluminium yang ada di dalam kemasan tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah merk pasta gigi ‘Colgate’ sedang mengembangkan kemasan pasta gigi yang bisa didaur ulang dengan menggabungkan beberapa kelas polietilen densitas tinggi.

4. Post-It

Post It

Kertas ini mengandung ‘pressure sensitive adhesive’ sehingga bisa menempel tanpa memerlukan air atau bahan lain. Meski pelekat inilah yang membuatnya praktis, itu juga yang menjadi alasan kertas ini sulit untuk didaur ulang. Di beberapa kota di luar negeri, penerimaan kertas untuk didaur ulang tergantung dengan fasilitas daur ulang yang ada.

5. Kantong belanja kertas

Kantung belanja kertas

Sama halnya dengan sedotan kertas, mungkin kita berpikir kantong kertas adalah pilihan yang lebih baik. Namun ternyata…tidak. Jika kantong kertas ini juga dibuang di tempat pembuangan sampah begitu saja, mereka tidak bisa terurai lebih cepat daripada plastik. Selain itu, produksi kantong ini juga membutuhkan energi besar dan hutan juga harus ditebang untuk memenuhi produksi tersebut.

6. Kapas

Kapas

Seringkali kapas menjadi bagian dari rutinitas membersihkan make-up Anda. Sayangnya, kapas, terlebih lagi saat sudah terkontaminasi dengan bahan kimia lain, tidak bisa didaur ulang. Tapi ada beberapa merek kosmetik yang menawarkan kapas organik dan ramah lingkungan yang bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Itulah beberapa bahan yang ada disekitar kita yang sama sulit di daur ulang.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Bikin Ngakak, Inilah Nama 6 Perusahaan di Dunia Yang Aneh Bagi Warga +62

Daftar 5 Pekerjaan Aneh Dengan Gaji Selangit