in

Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat tahajud

Kepoinkuy.com – Sholat tahajud termasuk qiyamul lail. Secara definisi dalam Islam, sholat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur. Sholat sunnah tahajud ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan.

Salat tahajud dianggap sebagai ibadah salat sunah yang paling istimewa. Telah disebutkan juga di dalam Al-Qur’an bahwa salat tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Tata Cara Sholat tahajud
Tata Cara Sholat tahajud

Jumlah sholat Tahajud paling sedikit yakni dua rakaat, tapi tidak ada batasan untuk jumlah terbanyaknya.

Banyak yang bertanya tahajud jam berapa sih? Waktu yang terbaik bagi umat Islam untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga akhir pada malam hari.

Bersumber dari laman Kementerian Agama (Kemenag) Kota Blitar, ada tiga pembagian keutamaan waktu salat tahajud. Pembagian waktu salat tahajud diantaranya sebagai berikut:

  1. Sepertiga malam: dimulai kira-kira pukul 19.00-22.00.
  2. Sepertiga kedua: dimulai kira-kira pukul 22.00-01.00.
  3. Sepertiga ketiga: dimulai kira-kira pukul 01.00 hingga masuk waktu subuh.

Waktu yang terbaik bagi umat Islam untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari. Sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 WIB.

Keutamaan sholat tahajud disebutkan juga dalam Al Quran surat Adz Dzariyat ayat 15-18. Mereka yang sholat di malam hari dikatakan sebagai orang yang bertaqwa dan akan berada di surga.

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18)

Arab latin: 15. Innal-muttaqīna fī jannātiw wa ‘uyụn 16. ākhiżīna mā ātāhum rabbuhum, innahum kānụ qabla żālika muḥsinīn 17. Kānụ qalīlam minal-laili mā yahja’ụn 18. Wa bil-as-ḥāri hum yastagfirụn

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.”

Baca Juga : Segudang Manfaat Dari Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh

Sholat tahajud diyakini sebagai ibadah yang istimewa. Sebab, dalam Alquran disebutkan bahwa siapa pun yang mengerjakannya akan disebut sebagai hamba-Nya yang terpuji di mata Allah.

Merujuk Q.S Al-Isra ayat 79, berikut keutamaan dari sholat tahajud.

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Arab-Latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

niat sholat tahajud
niat sholat tahajud

Niat Sholat Tahajud

صَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatat-Tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Tata Cara Sholat Tahajud

Salat sunah ini dikerjakan dua rakaat, dua rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas. Kendati begitu, menurut hadits HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat beserta witir).

Rakaat Pertama

  • Membaca niat,
  • Mengucapkan takbir,
  • Membaca Doa Iftitah,
  • Membaca Surat Al-Fatihah,
  • Membaca salah satu surat dalam Alquran (surat pendek),
  • Ruku’ dan membaca doa ruku’,
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal,
  • Sujud pertama dan membaca doa sujud,
  • Duduk di antara 2 sujud dan membaca doanya,
  • Sujud kedua dan membaca doa sujud,
  • Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua,

Rakaat Kedua

  • Membaca Surat Al-Fatihah,
  • Membaca salah satu surat dalam Alquran,
  • Ruku’ dan menbaca doa ruku’,
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal,
  • Sujud pertama dan membaca doa sujud,
  • Duduk di antara 2 sujud dan membaca doanya,
  • Sujud kedua dan membaca doa sujud,
  • Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir,
  • Gerakan salam.

Baca Juga : Tata Cara dan Waktu Terbaik Sholat Dhuha Serta Beragam Manfaatnya

Pedoman sholat tahajud yang terakhir adalah berzikir dan membaca doa setelah sholat.

Berizikir dan berdoa dengan sungguh-sungguh, yaitu salah satu cara untuk mendekatkan diri dan pasrah kepada Allah SWT. Berikut doanya:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Arti dari Doa Sholat Tahajud:

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Baca Juga : Lengkap Bacaan Dzikir Pagi Serta Manfaatnya

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Bacaan dzikir yang dapat dilakukan setelahnya yakni:

  1. Membaca dzikir istighfar,
  2. Membaca dzikir tasbih (subhanallah),
  3. Membaca dzikir tahmid (alhamdulillah),
  4. Membaca dzikir takbir (allahu akbar),
  5. Membaca dzikir laa ilaaha illallah,
  6. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas,
  7. Ditutup sebagai doa akhir dengan membaca Surat Al-Fatihah

Agar bisa mudah melaksanakan salat tahajud, sebaiknya Anda memasang alarm pengingat. Usahakan pada siang hari Anda tidak terlalu lelah sehingga lebih mudah bangun pada malam harinya.

Hindari makan malam terlalu kenyang dan maksiat agar Anda bisa bangun dan melaksanakan salat tahajud. Setelah mengetahui tata cara, niat, hingga bacaan setelah salat tahajud, Anda bisa melaksanakan salat tahajud dengan benar.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Daftar 10 Makanan Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara !

Daftar 10 Makanan Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara !

Ilustrasi Pekerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan Rumah Tangga yang dibenci 12 Zodiak ini