in ,

Tata Cara dan Waktu Terbaik Sholat Dhuha Serta Beragam Manfaatnya

Sholat Dhuha - Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Kepoinkuy.com – Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan minimal dua rakaat pada waktu di mana ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit, sampai waktu zuhur tiba.

Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Dhuha
Sholat Dhuha – Foto oleh Ali Arapoğlu dari Pexels

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan berharga bagi siapa pun yang hendak berlomba-lomba mencari pahala dan kebajikan di dalamnya. Salah satu amalan yang dapat dilakukan adalah pengamalan sholat dhuha.

Baca Juga : Segudang Manfaat Dari Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh

Saat mengerjakan sholat dhuha, juga dianjurkan membaca empat surah dalam Al-Qur’an. Empat surah tersebut adalah Al-Syamsi, Al-Dhuha, Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.

Meski begitu, membaca surah lain dalam Alquran saat sholat dhuha tetap diperbolehkan.

Mengutip dari buku Dahsyatnya Shalat Dhuha: Pembuka Pintu Rezeki oleh Sabil elMa’rufie, berikut ini tata cara sholat dhuha bagi pemula.

Tata Cara Sholat Dhuha Bagi Pemula

1. Ucapkan niat dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram;

2. Membaca doa iftitah;

3. Membaca Surat Al-Fatihah;

4. Membaca salah satu surat dalam Al-Qu’ran (lebih utama membaca Surat As-Syams, kemudian Surat Al-Lail untuk rakaat kedua);

5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali;

6. I’tidal dan membaca tasbih tiga kali;

7. Sujud pertaama dan membaca tasbih tiga kali;

8. Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya;

9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali;

10. Tasyahud akhir (rakaat kedua); dan

11. Salam.

Setelah selesai, berikut ini bacaan doa setelah sholat dhuha yang bisa diamalkan.

Doa Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan latin: Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadikash shalihin.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, keelokan itu keelokan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jikajauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keelokan-Mu (Wahai Tuhanku). Limpahkanlah padaku apa segala yang Engkau telah berikan kepada para hamba-Mu yang soleh.

Perlu diketahui, jumlah rakaat shalat dhuha ini minimal dilakukan dua rakaat. Adapun untuk maksimal jumlah rakaat, sebagian ulama tidak membatasi, ada yang membolehkan hingga 12 rakaat, tetapi ada pula yang mengatakan bisa lebih hingga waktu dhuha habis. Sholat dhuha pun dilakukan secara munfarid (tidak berjamaah atau sholat sendirian).

Baca Juga : Menambah Pahala Berikut Bacaan Sholawat Nabi Beserta Khasiat dan Keutamaan

Siapa yang mengerjakan sholat dhuha maka Allah SWT akan membangunkan rumah indah yang terbuat dari emas kelak di surga. Bahkan ada yang menyebut, orang yang mengerjakan sholat ini akan mendapat pahala layaknya mengerjakan umrah.

Namun, manfaat yang paling terkenal dari mengerjakan sholat dhuha adalah mendapat kemudahan rezeki. Karena umat Islam yang mengerjakan sholat ini akan mendapatkan layaknya harta ganimah atau harta rampasan perang dengan cara cepat.

Mudah Dapat Jodoh

Selain mendapat berkah berupa kemudahan rezeki, mengerjakan salat dhuha juga dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari, seperti berbisnis, naik jabatan bahkan mudah mendapat jodoh.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Hakim dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (salat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya.”

Salat dhuha dikerja setelah matahari terbit hingga menjelang waktu salat Zuhur. Estimasi terbaik mengerjakan salat dhuha di Indonesia adalah pukul 08.00 hingga 11.00.

Salat dhuha bisa dikerjakan mulai dari 2 rakaat hingga 12 rakaat. Mengerjakan salat penarik rezeki ini disunahkan tidak dengan berjamaah.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, ig @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahuilah Jenis Amalan Baik di Waktu Sahur

7 Keutamaan Puasa Ramadan

Wajib Diketahui Inilah 7 Keutamaan Puasa Ramadan