in ,

Tau Gak, Kenapa Deterjen Dapat Membersihkan Minyak ?

Kepoinkuy.com – Pada dunia ini tidak semua hal dapat dipaksakan untuk menyatu karea tidak cocok satu dengan yang lainnya. Seperti halnya dengan air dan minyak yang tidak akan tercampur dan menyatu walaupun seseorang mencoba mengaduk keduanya.

Karena hal itu air tidak dapat digunakan untuk menghilangkan noda minyak dan kotoran baik pada pakaian ataupun peralatan lainnya. Seperti saat kalian mencoba mencuci wajan berminyak hanya dengan air, wajan hanya akan mengalir tanpa mengambil partikel berminyak dan kotoran yang menempel di permukaannya.

Di sinilah peran sabun atau deterjen dibutuhkan untuk membersihkan minyak tersebut. Secara sederhana, molekul sabun dan deterjen sangat cocok untuk mencampur minyak dan air karena memiliki beberapa kualitas yang sama.

Deterjen atau Detergent

Deterjen tertarik pada air dan minyak sehingga membantu semuanya untuk bergabung. Baik sabun maupun deterjen memiliki rantai molekul hidrofobik (rantai molekul yang tidak suka air) dan molekul hidrofilik (rantai molekul yang suka air).

Baca Juga : Bahaya dan Merugikan, Stop 10 Kebiasaan Mengisi Daya Baterai Handphone Seperti Ini

Yang artinya, salah satu ujung molekul akan tertarik ke air sementara ujung lainnya mengikat minyak. Kedua ujung ini bekerja sama menyangkat minyak dan menahannya di dalam air.

Jika kalian ingin membuktikannya kalian dapat mencuci piring kotor yang ada sekaligus dapat membantu orang tua kalian membersihkan cucian piring yang menumpuk.

What do you think?

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Kim Soo Hyun

Daftar 15 Artis dan Aktor Korea Dengan Bayaran Paling Mahal, Ada Yang Sampai 2,4 Milyar Per Episode

Gunung Berstatus Awas

Agar Tetap Aman, Ketahui Pengertian Status Gunung Di Indonesia