in

Tips Cara Membantu Anak Meningkatkan IQ di Rumah

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Kepoinkuy.com – Kecerdasan intelektual adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar.

tips meningkatkan iq anak
Photo by Naomi Shi from Pexels

Dilansir dw, Tes IQ meliputi kemampuan yang dibutuhkan anak di sekolah: bahasa, informasi, memori, hitungan, bangun ruang, cara bepikir dan motorik. Pakar anak Karen Quinn memberi tips cara membantu anak meningkatkan IQ di rumah.

Baca Juga : 6 Tips Cara Membuat Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan, For Mom’s !

Ajak Anak Bicara

Berbicaralah dengan anak Anda setiap saat dan tentang tema apapun. Ini akan membantu kemampuan bahasanya. Anak-anak yang dibesarkan di keluarga yang suka berbicara, nilai IQ-nya 28 poin lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak banyak berbicara di rumah.

Baca Buku Panduan

Di taman kanak-kanak, anak diharapkan mengenal warna, bentuk, buah, hewan – semua informasi dasar yang diperoleh dari buku dan kehidupan sehari-hari. Pada buku panduan bagi orangtua, Anda akan mengetahui apa yang sudah harus diketahui oleh anak pada usia tertentu.

Selipkan Hitungan dalam Pembicaraan

“Makan malam siap lima menit lagi.” “Mau satu biskuit atu setengah biskuit?” “Kamu punya tiga permen, Mama kasih dua lagi. Sekarang kamu punya lima permen.” “Lihat gurita itu? Ada berapa tangannya?”

Tantang Ingatan Anak

Setelah membacakan buku cerita, minta anak untuk menceritakannya kembali dengan kata-katanya sendiri. Atau taruh beberapa permen di atas meja dan tutup dengan kertas. Lalu minta anak untuk menaruh permen dengan jumlah yang sama dengan yang tadi dilihatnya. Aktivits ini akan membantu ingatan verbal dan visual anak.

Baca Juga : Mengenal Kepribadian Anak Sulung, Tengah, dan Bungsu

Puzzle dan Lego

Untuk memperkuat kemampuan bangun ruangnya, mainan seperti balok kayu, puzzle dan lego bisa membantu. Anda juga bisa memanfaatkan buku anak yang menyembunyikan benda tertentu di dalam gambar dan anak harus menemukannya.

Selesaikan Masalah

Minta anak untuk memilih dan mengenakan pakaiannya sendiri. Dan jika ia melakukannya terlalu lama, biarkan anak menemukan sistemnya sendiri. Ijinkan anak untuk membuat keputusan. Seperti: Apa menu makan malam hari ini? Anak-anak yang di rumah diijinkan untuk berpikir bagi dirinya sendiri akan mengembangkan kemampuan kognitif yang kuat.

Berkarya Kreatif

Siapkan selalu perlengkapan untuk menggambar dan kerajinan tangan di rumah. Kertas berwarna, krayon, gunting, lem, cat, kuas – bekerja dengan material tersebut memperkuat gerakan motorik halus (kemampuan anak Anda mengendalikan tangan dan jemarinya).

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

solawat nabi beserta khasiatnya

Menambah Pahala Berikut Bacaan Sholawat Nabi Beserta Khasiat dan Keutamaan

Tumbuhan Liar Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat

Dipandang Sebelah Mata, Nyatanya 17 Tumbuhan Liar Ini Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan