in

Tips, Cara Mudah dan Simple Memperkecil Ukuran File PDF

cara memperkecil atau kompres pdf

Kepoinkuy.com – Sebagian dari kita pasti pernah mengalami file pdf yang gagal di upload disuatu form aplikasi karena ukuran file yang sangat besar. Kalian tidak perlu panik karena di jaman sekarang ini serba canggih.

cara memperkecil atau kompres pdf
cara memperkecil atau kompres pdf

Cara memperkecil ukuran file PDF bisa kamu lakukan sendiri. File dengan format PDF tentu sering kita temui ketika sedang mengerjakan tugas sekolah ataupun kantor.

Adakalanya ukuran file PDF dinilai terlalu besar. Sehingga dibutuhkan perangkat lunak atau aplikasi untuk memadatkan ukurannya.

Salah satu penggunaan kompres file PDF dapat dilakukan ketika hendak mengirimkan dokumen untuk mendaftar pekerjaan. Karena situs yang dituju biasanya memiliki batas ukuran PDF misalnya 100 KB. Berikut beberapa cara memperkecil ukuran file PDF melalui pc, laptop, smartphone maupun langsungd ari website compressor.

1. Cara memperkecil ukuran file PDF di laptop atau pc

Sebagai pengguna Windows, kamu dapat memperkecil ukuran file PDF langsung di laptop. Namun kamu harus memiliki aplikasi Free PDF Compressor. Lalu pilih tingkat kompresi dan klik ‘Compress’ untuk memulai proses kompres. File yang sudah dikompres akan disimpan sebagai salinan di lokasi yang sama dengan file aslinya.

2. Cara memperkecil ukuran file PDF di Android

Para pengguna android banyak disuguhkan berbagai macam aplikasi kompres pdf, namun ada 1 aplikasi yang menurut kepoinkuy bagus dan juga ringan yaitu aplikasi PDF Compressor – compress pdf file size, caranya tinggal klik file pdf yang ingin di kompres lalu kalian bisa memilih kualitasnya dan klik convert.

3. Cara memperkecil ukuran file PDF melalui SmallPDF

Cara memperkecil ukuran file pdf di hp salah satu caranya dapat memanfaatkan browser. Pertama-tama kamu dapat membuka browser dan klik https://smallpdf.com/compress-pdf. Pilih ‘Choose File’ yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang hendak dikecilkan ukurannya dengan cara drag dan drop dokumen langsung ke browser.

Setelah itu proses kompres pun selesai. Kamu dapat mengunduh file langsung ke komputer ataupun smartphone.

Baca Juga : Tips Membersihkan File Sampah & Cache di Android Supaya Tidak Lemot

4. Cara mengecilkan ukuran file PDF melalui PDFCompressor

Cara memperkecil ukuran file PDF online bisa melalui https://pdfcompressor.com/id/. Klik ‘Unggah File’ dan pilih dokumen yang ingin dikompres atau drag dan drop dokumen yang dipilih. Tunggu beberapa saat dan kamu dapat menyimpannya langsung di smartphone ataupun laptop.

5. Cara memperkecil ukuran file PDF melalui iLovepdf

Cara memperkecil ukuran file PDF hasil scan ataupun foto melalui website https://www.ilovepdf.com/. Pilih file PDF yang berada di tengah layar untuk memilih dokumen yang akan dikompres. Untuk kualitas kompres kamu bisa memilih tiga opsi yaitu kualitas rendah, kualitas bagus dan kualitas tinggi.

Setelah menetapkan pilihan, klik ‘Kompres PDF’. File pun dapat diunggah secara otomatis ke hp atau komputer.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Popcornflix

Lupakan IndoXXI, BioskopKeren, LK21, Ini 8 Website Nonton Film dan Series Legal & Gratis

Job Street

Sedang Cari Lowongan Pekerjaan, Wajib Coba 10 Situs Lowongan Kerja Paling Terpercaya Ini