in

Tips Membersihkan File Sampah & Cache di Android Supaya Tidak Lemot

Android

Kepoinkuy.com – Menurut kamus teknologi online Tech Terms, cache adalah penyimpanan informasi yang baru saja digunakan sehingga dapat diakses dengan cepat di lain waktu. Cache ini terdapat baik di komputer maupun smartphone.

android lemot
Android

Melalui keberadaan cache, kita bisa loading aplikasi lebih cepat atau membuka halaman situs web lebih singkat, jika kita pernah membukanya. Baik komputer ataupun smartphone biasanya akan menggabungkan jenis cache yang berbeda agar berjalan lebih efisien untuk meningkatkan kinerja.

Setidaknya, ada empat jenis cache yang umum, yang terdiri dari cache browser, cache disk, cache memori, dan cache prosesor. Keberadaannya sering tidak disadari oleh pengguna, karena penyimpanannya dilakukan di background (latar belakang).

Meski dapat mempercepat kinerja, ada sisi buruk dari cache, khususnya untuk smartphone Android. Meski umumnya cache berukuran kecil, ia bisa jadi menumpuk dan berukuran besar jika pengguna tidak menghapusnya secara berkala. Dampak yang paling bisa dirasakan dari masalah ini adalah handphone yang kita pakai akan terasa lebih lemot ketimbang saat pertama kali digunakan.

Baca Juga : Serba Premium dan Elegan, Ini 6 Kelebihan iPhone Ketimbang Smartphone Android Lain

Menghapus cache pada dasarnya tidak akan mengganggu data apa pun, seperti file download yang kamu simpan di smartphone. Kamu juga dianjurkan untuk menghapus data cache secara berkala, bisa seminggu sekali atau satu bulan sekali, agar handphone kamu tetap berada dalam kondisi prima.

Lantas, bagaimana cara menghapus cache di smartphone Android supaya tidak lemot? Kamu bisa melihat tips tata caranya berikut ini.

Cara hapus cache di browser HP Android

Cara Besihkan Data Cache di HP
Cara Besihkan Data Cache di Chrome Android

Untuk menghapus data di browser Google Chrome, yang biasanya jadi browser default smartphone Android, kamu cukup melakukan hal berikut:

  1. Masuk ke Chrome
  2. Ketuk simbol tiga titik di bagian kanan atas
  3. Pilih ‘History’, lalu ketuk ‘Clear browsing data’

Selain menghapus data keseluruhan, kamu juga bisa menghapus data cache tertentu di browser Chrome dengan periode waktu yang spesifik. Kamu bisa mengelola cache spesifik itu melalui pilihan ‘Advance’.

Pada dasarnya, cara menghapus cache di browser Android selain Chrome punya tata cara yang sama. Meski mungkin langkah dan nama opsinya berbeda, kamu bisa menghapus data cache melalui ‘Setting’ di browser dan pilih ‘hapus data cache’.

Cara hapus cache di memori HP Android

Cara hapus cache di memori HP Android
Cara hapus cache di memori HP Android

Tak hanya di browser, cache juga akan tersimpan secara umum di memori internal smartphone Android kamu. Untuk menghapus cache di memori, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke ‘Setting’
  2. Cari ‘Storage’, lalu pilih ‘Internal Storage’
  3. Pilih ‘Cache data’
  4. Pilih ‘OK’ untuk hapus data cache

Sebagai catatan, smartphone kamu mungkin tidak punya pilihan ‘Internal Storage’ kalau perangkat yang kamu gunakan tak memiliki penyimpanan eksternal seperti SD card.

Baca Juga : Tahukah Kamu? Inilah Sosok Pahlawan Penemu Fitur “Copy+Paste” Copas

Langkah untuk menghapus cache juga bisa jadi sedikit berbeda untuk setiap perangkat, mengingat masing-masing vendor smartphone Android punya antarmuka sendiri yang membuat opsi di pengaturan berbeda.

Namun, pada umumnya kamu akan menemukan pilihan hapus data cache di opsi ‘Storage’ atau ‘Penyimpanan’ handphone.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Ledakan di Kota Texas

9 Daftar Ledakan Terbesar dan Menghancurkan yang Pernah Terjadi di Dunia Bahkan Alam Semesta.

pasangan zodiak yang tidak cocok

8 Pasangan Zodiak Ini Paling Sulit Langgeng Dalam Berhubungan