in

Virus Corona, Berkeliaran Siap Bayar Denda Tinggi Atau Masuk Penjara di Negara Ini

Covid-19 (Corona) di Australia

Kepoinkuy.com – Corona menjadi virus yang membuat seluruh masyarakat dunia ketar-ketirm bagaimana tidak setidaknya sudah lebih dari 100 ribu nyawa manusia melayang karena virus covid-19.

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Berbagai negara di dunia ini telah menerapkan situasi darurat nasional. Untuk mencegah penyebaran virus corona beberapa negara di dunia memberlakukan kebijakan Lockdown dan Social Distancing. Ada beberapa negara yang memberlakukan hukuman yang tidak main-main bagi siapa saja yang keluyuran saat pandemi corona, ada yang di denda hingga ratusan juta bahkan bisa di penjara.

Dilansir dw, Berikut negara-negara yang memberlakukan hukuman berat bagi siapa saja yang keluyuran saat status Lockdown dan Social Distancing diberlakukan.

Malaysia

Bayar denda selangit jika keliaran di negara ini
COvid-19 di Malaysia

Pemerintah Malaysia akan menjatuhkan hukuman kepada warga yang kedapatan keluar rumah untuk alasan selain membeli makanan, pergi ke rumah sakit atau mencari obat-obatan, berupa denda sebesar 1.000 ringgit atau 3,7 juta rupiah dan/atau hukuman penjara selama enam bulan.

Singapura

Bayar denda selangit jika keliaran di negara ini
Covid-19 (Corona) di Singapura

Pemerintah Singapura mengumumkan bahwa siapapun yang sengaja duduk dengan jarak kurang dari 1 meter dari orang lain di tempat umum atau berdiri dalam antrean berjarak kurang dari 1 meter di belakang orang lain akan dikenakan denda maksimal S$10.000 atau 114 juta rupiah dan/atau hukuman penjara enam bulan.

Australia

Bayar denda selangit jika keliaran di negara ini
Covid-19 (Corona) di Australia

Di negara bagian New South Wales, undang-undang baru yang diterbitkan pada Senin (6/4) menyebutkan, pemerintah akan mengenakan denda hingga $11.000 atau 110 juta rupiah dan/atau enam bulan penjara bagi mereka yang meninggalkan rumah tanpa alasan yang masuk akal, ditambah denda tambahan $ 5.500/hari jika pelanggaran diulang.

Hong Kong

Bayar denda selangit jika keliaran di negara ini
Covid-19 (Corona) di Hongkong

Pemerintah Hong Kong pada Selasa (31/3) memperingatkan warga untuk mematuhi perintah karantina di rumah dan aturan social distancing jika tidak ingin menghadapi tuntutan pidana penjara enam bulan atau denda hingga HK$25.000 atau setara 52,5 juta rupiah. Sementara perusahaan yang menolak untuk mematuhi dikenakan denda hingga sebesar HK$50.000 atau senilai 105 juta rupiah.

Korea Selatan

Bayar denda selangit jika keliaran di negara ini
Covid-19 (Corona) di Korea Selatan

Korea Selatan memberlakukan sanksi pidana dan denda untuk warga yang menolak tes dan karantina. Mereka dapat dikenai sanksi sekitar 3 hingga 10 juta won atau setara 40 juta hingga 133,8 juta rupiah. Pemerintah setempat juga menggunakan aplikasi dan CCTV untuk memantau pasien Covid-19. Selain itu, proses pelacakan dapat dipermudah dengan meneliti pergerakan transaksi kartu debit/kredit seseorang.

Jerman

Bayar denda selangit jika keliaran di negara ini
Covid-19 (Corona) di Jerman

Pemerintah Jerman memberlakukan aturan denda sebesar 500 euro atau 8,8 juta rupiah bagi warga yang melanggar aturan menjaga jarak di tengah pandemi virus corona. Kanselir Jerman Angela Merkel memerintahkan warga untuk tetap tinggal di rumah dan tidak beraktivitas keluar, kecuali untuk alasan tertentu seperti berbelanja bahan makanan, berolahraga, atau keperluan tindakan medis.

Belanda

Corona
Covid-19 (Corona) di Belanda

Pemerintah Belanda menerapkan kebijakan karantina masyarakat yang didukung dengan penutupan pertokoan, fasilitas pendidikan, hingga tempat wisata. Hukuman berupa denda sebesar 400 euro atau 7 juta rupiah juga akan dikenakan terhadap mereka yang melanggar aturan menjaga jarak 1,5 meter atau berkumpul tanpa alasan jelas.

Italia

Corona
Covid-19 (Corona) di Italia

Pemerintah Italia pun telah memberlakukan aturan lockdown demi menyelamatkan warganya dari wabah corona. Bagi yang kedapatan melanggar aturan ini akan dikenai hukuman kurungan penjara selama tiga bulan atau denda sebesar 206 euro atau 3,6 juta rupiah.

Prancis

Corona
Covid-19 (Corona) di Perancis

Negara ini menjadi salah satu negara yang terparah terpapar virus corona di Eropa. Kebijakan lockdown benar-benar dijalankan oleh pemerintah Prancis. Bagi warga yang melanggar ketetapan ini akan dikenai denda sebesar 135 euro atau 2,3 juta rupiah.

Spanyol

Corona
Covid-19 (Corona) di Spanyol

Pemerintah Spanyol menerapkan sanksi berupa denda minimal 200 euro atau sekitar 3,5 juta rupiah bagi siapa saja yang keluar rumah di masa kebijakan lockdown untuk mencegah penularan Covid-19.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

manfaat daun kelor

7 Manfaat Daun Kelor yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

membuat artikel seo

Membuat Artikel SEO by Yoast SEO di WordPress