in

Pandemi Covid-19 di Asia Tenggara Dari Menurunkan Polusi Hingga Kemacetan

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Jakarta

Virus corona merubah wajah dunia, hampir semua kota-kota besar di dunia menerapkan jaga jarak maupun lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. Pemandangan yang tak biasa pun terjadi di seluruh dunia yang mana biasanya suatu kota besar ramai akan aktifitas dimasa pandemi kota-kota seakan menyembuhkan diri dengan ditiadakannya semua aktifitas.

Virus Corona
Ilustrasi

Dilansir dw, Penguncian ketat, penutupan sekolah dan pembatasan aktivitas perdagangan guna menangkal COVID-19 di negara-negara Asia Tenggara berhasil membawa beberapa kota paling padat di dunia keluar dari kekacauan transportasi dan menurunkan tingkat polusi.

Jakarta, Indonesia

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Jakarta
Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan – Jakarta

Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara, dan negara dengan populasi terpadat keempat di dunia memberlakukan lebih sedikit pembatasan dibandingkan dengan negara tetangga. Jakarta, pusat wabah corona di Indonesia, tetapkan keadaan darurat pada 20 Maret, dengan menutup sekolah dan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah. Meski begitu, lalu lintasnya tetap lebih sibuk daripada kota-kota lain.

Manila, Filipina

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Manila
Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan – Manila

Di Manila, sekitar 3,5 juta kendaaraan diperkirakan tidak beroperasi sejak karantina ketat yang diberlakukan pada pertengahan Maret lalu. Hal ini membuat jalanan tampak lengang. Reuters melaporkan bahwa untuk menempuh perjalanan sepanjang 23,8 km di tengah pemberlakuan lockdown, hanya dibutuhkan waktu 20 menit saja. Waktu normal biasanya ditempuh lebih dari dua jam.

Ho Chi Minh City, Vietnam

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Ho Chi Minh City
Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan – Ho Chi Minh City

Lalu lintas di Ho Chi Minh City biasanya sangat padat, apalagi di malam hari. Namun, selama pemberlakuan lockdown, tidak ada kemacetan yang terlihat sama sekali. Vietnam telah melonggarkan pembatasannya lebih awal dari kebanyakan negara lain, sehingga kondisi kemacetan di jalanan perlahan kembali. Negara berpenduduk 96 juta orang ini telah menunjukkan bahwa mereka berhasil mengendalikan virus.

Kuala Lumpur, Malaysia

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Kuala Lumpur
Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan – Kuala Lumpur

Malaysia memberlakukan lockdown sebagian pada 18 maret karena kasus infeksi yang melonjak drastis. Kini, pembatasan dikurangi dengan mengizinkan bisnis untuk kembali beroperasi. Kuala Lumpur dikenal dengan kemacetan lalu lintasnya pada jam-jam sibuk, dengan rata-rata setengah juta kendaraan beroperasi di jalan setiap harinya. Saat ini, lalu lintas kembali meningkat karena pembatasan dilonggarkan.

Singapura

Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan - Singapura
Wabah COVID-19 Kurangi Kemacetan – Singapura

Penurunan lalu lintas di Singapura, yang secara ketat mengontrol jumlah kendaraanya, kurang terlihat. Sejak perbatasan ditutup pada Maret, kemacetan di dekat jalan lintas utara yang menghubungkan pulau itu dengan Malaysia jauh berkurang. Kemacetan di Bandara Changi, pusat transit internasional utama, juga berkurang. “Pemutus sirkulasi” akan terus berlaku hingga 1 Juni mendatang.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Zodiak yang lebih memeilih sendiri

6 Zodiak Ini Lebih Memilih Menyendiri Dibanding Memiliki Banyak Teman

Vitamin c

Mengonsumsi Vitamin C Dapat Menjaga Kesehatan dari Infeksi Virus Corona