in ,

Wajib Diketahui Inilah 7 Keutamaan Puasa Ramadan

Memberi Syafaat pada Hari Kiamat - Foto oleh Pok Rie dari Pexels

Kepoinkuy.com – Puasa Ramadhan dalam hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi.

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (seperti menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong) dan berkelahi.

Dengan niat dan menjalankannya dengan benar, ibadah puasa Ramadhan dapat memberikan keutamaan kepada kita, mulai dari membuka jalan bagi kita untuk meraih takwa hingga terkabulnya doa.

Dikenal dengan bulan yang penuh ampunan, hendaknya kita menyambutnya dengan penuh makna. Salah satunya mengetahui keutamaan puasa Ramadhan demi memaksimalkan ibadah. Berikut 7 keutamaan puasa Ramadhan yang wajib kita ketahui.

1. Jalan Meraih Takwa

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Jalan Meraih Takwa – Foto oleh Pok Rie dari Pexels

Puasa adalah jalan meraih takwa. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 183, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.”

2. Penghalang dari Siksa Neraka

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Penghalang dari Siksa Neraka – Foto oleh Abdullah Ghatasheh dari Pexels

Dengan berpuasa dapat menghindarkan kita dari siksa neraka. Dari Jabir bin ‘Abdillah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka,”.

Baca Juga : Ketahuilah Jenis Amalan Baik di Waktu Sahur

3. Memberi Syafaat pada Hari Kiamat

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Memberi Syafaat pada Hari Kiamat – Foto oleh Pok Rie dari Pexels

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Puasa dan Al-Quran itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak. Puasa akan berkata, ’Wahai Rabbku, aku telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat. Karenanya, perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Al-Quran pun berkata, ’Aku telah melarangnya dari tidur pada malam hari. Karenanya, perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.’ Beliau bersabda, ’Maka syafaat keduanya diperkenankan,’”.

4. Mendapat Pengampunan Dosa

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Mendapat Pengampunan Dosa – Foto oleh Michael Burrows dari Pexels

Orang yang berpuasa bisa mendapatkan pengampunan dosa. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni,”.

5. Pengekang Syahwat

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Pengekang Syahwat – Foto oleh Aldo Picaso dari Pexels

Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda,

“Wahai para pemuda, barang siapa yang memiliki baa-ah maka menikahlah, karena itu akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barang siapa yang belum mampu maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya,”.

6. Membuka Pintu Surga Ar-Rayyan

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Membuka Pintu Surga Ar-Rayyan – Foto oleh Khairul Onggon dari Pexels

Bagi orang yang berpuasa, ada pintu surga Ar-Rayyan. Dari Sahl bin Sa’ad dari Rasulullah SAW bersabda,

Baca Juga : Menambah Pahala Berikut Bacaan Sholawat Nabi Beserta Khasiat dan Keutamaan

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Orang yang berpuasa akan diseru, ‘Mana orang yang berpuasa?’ Lantas mereka pun berdiri; selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, pintu itu akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya,”.

7. Memiliki Waktu Mustajab (Terkabulnya Doa)

7 Keutamaan Puasa Ramadan
Memiliki Waktu Mustajab (Terkabulnya Doa) – Foto oleh Gabby K dari Pexels

Saat berpuasa, perbanyaklah berdoa. Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab (terkabulnya doa). Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi,”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis

Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Dhuha

Tata Cara dan Waktu Terbaik Sholat Dhuha Serta Beragam Manfaatnya

Asal Mula Ngabuburit

Inilah Asal Mula Ngabuburit, Tradisi Ramadan Untuk Menunggu Waktu Berbuka